Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah calon jamaah haji (CJH) di daerah itu yang akan berangkat haji tahun ini terbanyak berasal dari Kecamatan Curup Tengah.

Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong Nopian Gustari melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) M Adityawarman Budi saat dihubungi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan kuota haji yang diterima daerah itu tahun ini sebanyak 106 orang, jumlah ini mengalami pengurangan dari sebelumnya sebanyak 232 orang.

"Kalangan CJH Kabupaten Rejang Lebong yang akan berangkat haji tahun ini berasal dari 12 kecamatan, sedangkan tiga kecamatan lainnya tidak memiliki perwakilan haji. CJH dari 12 kecamatan ini diketahui terbanyak berasal dari Kecamatan Curup Tengah yang mencapai 28 orang," kata dia.

Dia menjelaskan, CJH Kabupaten Rejang Lebong 2022 ini berasal dari 12 kecamatan yang ada di wilayah itu, di mana terbanyak berasal dari Kecamatan Curup Tengah sebanyak 28 orang.

Kemudian dari Kecamatan Curup 21 orang, dan terbanyak ketiga dari Kecamatan Curup Timur serta Kecamatan Selupu Rejang sebanyak 14 orang.

Sedangkan yang lainnya, kata dia, dari Kecamatan Sindang Kelingi 7 orang, Curup Selatan 6 orang, Curup Utara 6 orang. Seterusnya Kecamatan Bermani Ulu, Binduriang, Padang Ulak Tanding dan Kecamatan Sindang Dataran masing-masing 2 orang, serta dari Kecamatan Sindang Beliti Ulu 1 orang.

Sementara itu untuk tiga kecamatan lainnya pada tahun ini tidak memiliki perwakilan haji, yakni Kecamatan Bermani Ulu Raya, Sindang Beliti Ilir dan Kecamatan Kota Padang.

CJH asal Kabupaten Rejang Lebong ini, tambah dia, nantinya akan tergabung di Kloter VII Embarkasi Padang (Sumbar), bersama dengan CJH dari empat daerah lainnya di Provinsi Bengkulu yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, dan Kabupaten Kepahiang.

Kalangan CJH ini rencananya akan dilepas keberangkatannya dari daerah itu pada 9 Juni nanti oleh Bupati Rejang Lebong bertempat di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong, dan pada 10 Juni akan diterbangkan ke Embarkasi Padang guna melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi. ***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022