Pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan pembatasan jumlah kuota dan umur calon jamaah haji (CJH) yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi berlaku hanya sementara pascapandemi COVID-19.

Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong Nopian Gustari di Rejanglebong, Jumat menjelaskan soal itu usai pemberangkatan CJH setempat pada Kamis (9/6/2022).

Ia melepas pemberangkatan 106 CJH setempat menuju Asrama Haji Provinsi Bengkulu bertempat di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong, Kamis.

Disebutkannya bahwa kuota haji yang diterima daerah itu tahun ini sebanyak 106 orang atau hanya 45 persen dari kuota sebelumnya sebanyak 232 orang.

"Sesuai dengan kesepakatan Kerajaan Arab Saudi dengan pemerintah Indonesia bahwasannya tahun ini merupakan tahun perdana pascapandemi COVID-19, sehingga pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah kuota dengan umur maksimal 65 tahun," kata dia.

Dia menjelaskan, kebijakan yang dibuat pemerintah Kerajaan Arab Saudi ini berlaku sementara waktu menunggu pemulihan setelah dua tahun dilanda pandemi COVID-19.

"Untuk pemberangkatan tahun depan atau tahun berikutnya, jika tidak ada kendala lagi atau pandemi COVID-19 akan kembali normal sehingga tidak ada lagi pembatasan umur," katanya.

Sementara itu 106 CJH Kabupaten Rejang Lebong yang berangkat pada musim haji tahun ini, kata dia, adalah mereka yang gagal berangkat pada 2020 lalu dan sesuai dengan daftar tunggu haji atau waiting list, di mana beberapa CJH yang gagal berangkat karena umurnya lebih dari 65 tahun digantikan daftar diatasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah yang hadir dalam pelepasan 106 CJH daerah itu menyampaikan rasa syukurnya karena warga Rejang Lebong sudah bisa kembali melaksanakan ibadah haji kendati masih ada pembatasan kuota dan umur CJH.

Dalam kesempatan itu Wabup Hendra Wahyudiansyah ikut mengantar langsung 106 CJH Kabupaten Rejang Lebong menuju asrama haji Provinsi Bengkulu. Hal itu dilakukannya sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Kalangan CJH Kabupaten Rejang Lebong setelah tiba di Embarkasi Antara Bengkulu pada Kamis sore (9/6), kemudian Jumat malam (10/6) bertolak ke Embarkasi Padang, Sumatera Barat dan selanjutnya diberangkatkan ke Arab Saudi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022