Rejanglebong (Antara) - Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, dalam waktu dekat akan membagikan 30 unit tong sampah untuk masyarakat setempat.

"Tong sampah ini akan dibagikan kepada masyarakat yang bermukim di kawasan jalan protokol serta beberapa kelurahan dan desa lainnya. Pembagian tong sampah ini untuk mendukung program kebersihan lingkungan dan menggantikan kotak sampah yang sudah rusak," kata Kepala Bidang Kebersihan BLHKP Rejanglebong, Herman di Rejanglebong, Jumat.

Tong sampah yang akan dibagikan kepada sejumlah warga di daerah tersebut kata dia, saat ini masih dalam proses pengerjaan oleh pihak rekanan. Tong sampah ini memiliki diameter 60 centimeter dan 80 Cm yang diperkirakan dapat menampung 50 kg sampah.

Pengadaan tong sampah baru ini tambah dia, selain untuk mendukung program kebersihan lingkungan dan penggantian tong sampah yang sudah rusak juga untuk mempertahankan prestasi bidang kebersihan lingkungan yang pada tahun ini berhasil merebut piala Adipura untuk ke tujuh kalinya yang ditargetkan dapat dipertahankan pada penilaian serupa tahun depan.  

Untuk itu dia mengimbau masyarakat setempat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat diminta untuk membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah ditentukan sehingga nantinya akan memudahkan petugas mengangkutnya ke pembuangan akhir.

Hal ini penting mengingat mereka saat ini masih terbatas jumlah personel maupun kendaraan pengangkut sampah, sedangkan volume sampah yang mereka angkut dari pembuangan rumah tangga maupun pasar dalam 15 kecamatan di daerah itu per harinya mencapai 100 ton.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014