Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan sebagian besar dari 45 orang yang terpilih menjadi anggota panitia pengawas pemilu kecamatan di daerah itu merupakan wajah lama.

"Hari ini panwaslu kecamatan yang bertugas pada 15 kecamatan di Rejang Lebong sudah kita lantik. Dari jumlah itu, sekitar 65 persen merupakan wajah lama," kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong Dodi Hendra Supiarso usai pelantikan anggota panwaslu kecamatan di salah satu hotel di Rejang Lebong, Kamis sore.

Dodi menjelaskan dari 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, hampir setiap kecamatan diisi satu hingga dua orang anggota panwaslu yang pernah bertugas pada pemilu sebelumnya.

Ia berharap terpilihnya kembali mantan anggota panwaslu kecamatan pada pemilu sebelumnya ini bisa mempercepat proses pemahaman tugas pokok dan fungsinya karena mereka sudah memiliki pengalaman dalam bidang kepemiluan.

Selanjutnya setelah dilantik, sebanyak 45 anggota panwaslu kecamatan itu akan mendapatkan bimbingan tekhnis mengenai tupoksi mereka serta wawasan kebangsaan dan lainnya.

Sedangkan untuk keterwakilan perempuan dari 45 anggota panwaslu kecamatan di Rejang Lebong kali ini, Dodi menambahkan hanya ada tujuh orang atau sekitar 15,5 persen yang perempuan.

"Jumlah keterwakilan perempuan di panwaslu tidak mencapai 30 persen karena jumlah perempuan yang mendaftar memang sedikit," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi dalam sambutan pada acara pelantikan itu mengharapkan 45 anggota panwaslu kecamatan yang terpilih bisa menjalankan tugasnya sebagai pengawas dengan maksimal sehingga pelaksana Pemilu 2024 di Rejang Lebong berjalan lancar dan sukses.

"Supaya pengawasan bisa berjalan maksimal, setiap petugas panwaslu kecamatan diharuskan banyak membaca petunjuk dan mekanisme pelaksanaan tahapan pemilu. Selain itu, anggota panwaslu juga harus berkoordinasi dengan camat, polsek dan koramil di wilayah masing masing untuk kelancaran tugasnya," ujar bupati.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022