Mukomuko (Antara) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan informatika Kabupaten Mukomuko, menerjunkan kekuatan penuh untuk  pengamanan lebaran 2014 di daerah itu.

"Sebanyak 17 orang personel yang kita terjunkan untuk menjaga empat pos pengamanan (Pospam) atau lima orang petugas setiap pospam," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Hariyadi Nazar melalui Kabid Darat Aman Setiawan di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu setelah mengikuti gelar pasukan dalam rangka operasi Ketupat Nala di Markas Polres setempat.

Ia menjelaskan, dari hasil rapat dengan Polres setempat, hanya ada empat pospam yang tersebar di kecamatan yang berada sepanjang Jalan Lintas Barat di daerah itu.

Menurut dia, jumlah tersebut lebih sedikit dari perkiraan dan kebutuhan instansi itu berdasarkan luas wilayah di daerah itu sebanyak tujuh pospam.

"Kemungkinan karena keterbatasan jumlah personel Polres setempat sehingga hanya didirikan empat pospam," ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, di pospam itu, terdiri dari berbagai gabungan, meliputi polisi, petugas jalan raya (PJR), dan petugas kesehatan.

Ia menyebutkan, empat pospam tersebut tersebar di satu simpang Lubuk Gedang untuk mengawasi perbatasan Bengkulu-Provinsi Sumatera Barat, di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Air Punggur, depan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kecamatan Penarik.

Kemudian, lanjutnya, di simpang Kasidi Kecamatan Air Rami, di pospam paling ujung kabupaten itu ditugaskan dua personel dibawah pengawasan kepala terminal.

Ia menerangkan, tugas personel PJR instansi itu mengatur kelancaran lalu lintas dan melarang mobil muatan berlebih melintas di daerah itu selama lebaran. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014