Rejanglebong (Antara) - Jumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini mengalami penambahan dari enam fraksi pada periode sebelumnya menjadi sembilan fraksi.

"Jumlah fraksi di DPRD Rejanglebong periode 2014-2019 sudah dipastikan akan bertambah dari enam fraksi pada periode 2009-2014 lalu menjadi delapan atau sembilan fraksi. Karena dari komposisi keanggotaan DPRD Kabupaten Rejanglebong saat ini ada lima partai yang berhasil merebut tiga kursi dan tiga partai lainnya merebut empat kursi dewan," kata wakil ketua sementara DPRD Kabupaten Rejanglebong, Yurizal di Rejanglebong, Selasa.

Perolehan kursi dewan oleh delapan parpol di daerah tersebut kata dia, untuk parpol yang meraih empat kursi dewan antara lain Gerindra, Golkar dan PDIP, sedangkan parpol yang memperoleh tiga kursi dewan yakni partai PAN, Demokrat, Nasdem, Hanura dan PPP.

Sementara itu parpol lainnya yakni PKS merebut dua kursi dan PKB merebut satu kursi.

Perolehan kursi dewan oleh delapan parpol itu sendiri tambah dia, masing-masing sudah memenuhi syarat untuk membentuk fraksi. Jika semuanya membentuk fraksi maka jumlah yang sudah dipastikan sebanyak delapan fraksi, dan jika dua parpol lainnya yakni PKS dan PKB bergabung membentuk fraksi tersendiri maka jumlahnya mencapai sembilan fraksi.

Pembentukan fraksi atau alat kelengkapan dewan itu sendiri kata dia, menjadi ranahnya partai masing-masing untuk membentuk fraksi tersendiri atau melebur dengan parpol lainnya dalam satu fraksi, pimpinan atau anggota dewan lainya tidak bisa memaksa mereka untuk bergabung ke dalam suatu fraksi tertentu.

Sebelumnya 30 anggota DPRD Kabupaten Rejanglebong periode 2014-2019 diresmikan dan mengucapkan sumpah janji Senin (25/8) yang dipimpin Ketua PN daerah itu bertindak atas nama ketua MA.

Adapun 30 anggota dewan daerah ini antara lain dari partai Gerindra, Yazid, Abu Bakar, Guntur Utama Jaya, M. Ali. Kemudian dari Partai Golkar Wahono, AAH Kadir Harahap, Yurizal, Mahdi Husen.    

Selanjutnya dari PDIP Surya, Ngadiono, Syahrul Rasyid dan Zane Ari Bakti.

Kemudian dari PAN Rudi Irianto, Ari Wibowo, Syarkawi. Partai Demokrat atas nama Tugiman, Zulkarnain Thaib, M Yusuf. Partai Nasdem Irawan Effendi, Feny Theresia, Edi Iskandar.

Untuk partai Hanura atas nama Sapta Firdaus, Suhardin, Lian Sumarni. Dari PPP Heriyanto, Herliana, Rudi H Nasution. Sedangkan dari PKS atas nama Hj Misriati dan Untung Basuki serta dari PKB atas nama Dedi Irawan. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014