Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, selama pameran pembangunan dalam rangka memperingati hari jadi ke-20 daerah itu memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga masyarakat setempat.
 
"Pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini akan berlangsung selama lima hari sejak tanggal 20 sampai 25 Februari 2023 di lokasi stand dinas ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Minggu.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini akan menggelar pameran pembangunan dalam rangka memperingati hari jadi ke-20 daerah itu di kompleks perkantoran pemerintah daerah setempat.
 
Pemerintah daerah menyediakan 31 stan pameran pembangunan untuk organisasi perangkat daerah, instansi vertikal dan seluruh kecamatan di daerah ini.
 
Bustam mengatakan, instansinya menyiapkan petugas medis baik dokter, bidan, maupun perawat dari sejumlah puskesmas di daerah ini untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga masyarakat di daerah ini.
 
Ia menyebutkan, petugas medis memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis seperti kolesterol, gula darah, dan asam urat.
 
Kemudian petugas medis di stan pemeran Dinas Kesehatan memberikan pelayanan pengobatan gratis untuk warga yang mengalami penyakit ringan dan menyosialisasikan cara mencegahnya.
 
Selain itu, katanya, petugas medis di stan pemeran dinas ini juga melayani konsultasi kesehatan bagi warga setempat yang mengalami penyakit serta fasilitas kesehatan untuk berobat.
 
Ia mengatakan, Dinas Kesehatan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, sedangkan RSUD setempat menyediakan petugas kesehatan dan peralatan bagi warga yang donor darah.
 
Pihak RSUD setempat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) daerah ini untuk melaksanakan kegiatan donor darah bagi warga masyarakat yang berkunjung ke stan pemeran pembangunan di daerah ini.

Selanjutnya, ia mengajak, warga yang berkunjung ke pameran pembangunan untuk memeriksakan kesehatan serta menjalani pengobatan gratis.
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023