Mukomuko (Antara) - Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membina sebanyak 1.000 keluarga warga setempat yang mendapatkan bantuan bibit sayuran dalam memanfaatkan lahan pekarangannya.

"Petugas penyuluh lapangan (PPL) rutin membina 1.000 keluarga dalam memanfaatkan lahan pekarangan," kata Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Mukomuko, Sukiman, di Mukomuko, Sabtu.

Pemerintah setempat tahun 2014 memberikan bantuan bibit bibit berbagai jenis sayuran untuk ditanami di lahan pekarangan rumah milik sebanyak 1.000 keluarga warga setempat.

Ia menyebutkan, ada delapan jenis bibit sayuran yang diberikan kepada sebanyak 1.000 keluarga warga di daerah itu.

Dikatakannya, tidak hanya bantuan bibit sayuran, tetapi juga polibek agar penerima bantuan keluarga warga yang tergolong ekonomi miskin itu dapat menanam sayuran dalam polibek.

Selanjutnya, katanya, tugas PPL di 15 kecamatan di daerah itu membantu memberikan pembinaan agar sayuran yang ditanam oleh petani itu dapat tumbuh subur.

Untuk pupuk tanaman itu, lanjutnya, disarankan menggunakan pupuk kandang kotoran hewan ternak agar sayuran yang dikonsumsi warga tidak mengandung zat kimia.

"Sayuran yang pakai pupuk kandang itu lebih bagus dibandingkan sayuran menggunakan pupuk kimia," ujarnya lagi.

Menurut dia, banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh sasaran program ini, seperti terbantunya kebutuhan sehari-hari karena sebagian ditanam di lahan pekarangan.

"Kegiatan ini terbukti dapat menghemat kebutuhan untuk dapur keluarga," ujarnya lagi.

Menurut dia, selain dapat menghemat pengeluaran keluarga, sayuran yang ditanam di lahan pekarangan justru lebih aman dikonsumsi dibandingkan sayuran yang banyak dijual pada umumnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014