Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Bengkulu mengatakan tahun 2023 ada dua perusahaan perkebunan kelapa sawit bakal mendirikan pabrik Crude Palm Kernel Oil (CPKO) di daerah tersebut.
 
Kepala DPMPTSP Provinsi Bengkulu Karmawanto di Kota Bengkulu, Kamis, mengatakan bahwa dua pabrik pengolahan kernel atau inti sawit tersebut akan di bangun di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dan di Kabupaten Bengkulu Tengah.
 
"Tahun ini ada dua pabrik pengolahan kernel atau inti sawit yang akan dibangun di dua wilayah yaitu Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah," ujar dia.
 
Untuk investor pertama yang menanamkan investasi di atas Rp10 miliar untuk pengelolaan inti sawit di lahan seluas 75 hektare yaitu PT Agro Mega Perkara (AMP) dan perusahaan lain belum menyelesaikan perizinan.
 
Terang dia, saat ini masih ada perusahaan yang menyelesaikan perizinan nya ditambah untuk pabrik CPKO di Kabupaten Bengkulu Tengah dan masih mengurus izin pengolahan limbah nya di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu.
 
"Untuk pabrik di Kabupaten Bengkulu Tengah sudah ada dan tinggal menunggu penyelesaian izinnya di DLHK," katanya.
 
Saat ini, belum ada pabrik pengolahan CPKO di Bengkulu dan dengan adanya dua calon investor tersebut diharap dapat meningkatkan pengolahan minyak sawit agar lebih maksimal.
 
Lanjut Karmawanto, dengan hasil produksi hampir 1 juta ton per tahun, dapat berpeluang besar bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan yang besar di Provinsi Bengkulu.
 
Oleh karena itu, pihaknya menjamin kemudahan dalam proses perizinan bagi investor yang ingin berinvestasi di Provinsi Bengkulu namun dengan satu syarat yaitu harus sesuai dengan regulasi dan aturan pengelolaannya dan berdampak baik bagi lingkungan.
 
"Hal tersebut untuk hal keberlanjutan dalam industri hilirisasi dan pengolahan kelapa sawit ke depan. Afiliasi nya tak lain demi meningkatkan harga Tandan Buah Segar (TBS) dan mendorong kesejahteraan petani daerah," sebut dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023