Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memastikan stok gas ukuran tiga kilogram di daerah ini mencukupi selama bulan Ramadan tahun ini.
 
"Stok gas elpiji ukuran tiga kilogram di daerah ini masih cukup, yakni sebanyak 1.600 tabung per minggu," kata Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan usaha kecil menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana di Mukomuko, Minggu.
 
Ia mengatakan, petugas di instansinya sejak sepekan terakhir melakukan pengecekan stok gas elpiji di sejumlah pangkalan gas elpiji di daerah ini.
 
Ia memastikan, gas elpiji ukuran tiga kilogram di daerah ini tidak langka dan penjualan gas elpiji di tingkat pangkalan lancar.
 
Selain itu, katanya, harga gas elpiji juga tidak naik di tingkat pangkalan, atau masih sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.
 
Ia menyebutkan, sebanyak 250 pangkalan gas elpiji yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini dan pangkalan tersebut menjual gas elpiji sesuai dengan harga eceran tertinggi.
 
Terkait dengan harga jual gas elpiji di atas HET di daerah ini, ia mengatakan, harga gas elpiji di atas HET itu dijual oleh pedagang pengecer.
 
"Penetapan HET gas elpiji ukuran tiga kilogram di daerah ini berdasarkan jarak tempuh. Harga gas elpiji di Kecamatan Ipuh berbeda dengan harga gas elpiji di Kecamatan Kota Mukomuko," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, instansinya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait rencana pengecekan stok gas elpiji ukuran tiga kilogram di daerah ini.
 
"Kita bersama tim pemerintah provinsi dalam waktu dekat ini ada kegiatan pengecekan stok gas elpiji lagi ke sejumlah pangkalan gas elpiji di daerah ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan, tim dari pemerintah provinsi selain melakukan pengecekan memastikan stok gas elpiji sekaligus kebutuhan gas elpiji di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023