Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun 2023 menyiapkan dana sebesar Rp6 miliar untuk membangun sarana pertanian di daerah ini.
 
Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Fernandi di Mukomuko, Selasa, mengatakan dana sebesar Rp6 miliar tersebut untuk membangun jalan sentra produksi, jalan usaha tani, dan jaringan irigasi.
 
"Dana sebesar Rp6 miliar tersebut bersumber dari dana alokasi umum (DAU), dan mayoritas dana sebesar itu merupakan pokok pikiran (pokir) DPRD Kabupaten Mukomuko," ujarnya.
 
Ia mengatakan, dana sebesar Rp6 miliar tersebut digunakan untuk membangun jalan sentra produksi ,perkebunan (JSP) dan jalan usaha tani (JUT) yang tersebar di 28 titik dan pembangunan jaringan irigasi di empat titik.
 
Sebanyak 32 paket proyek pembangunan sarana pertanian tahun ini. Pengerjaan pembangunan sarana pertanian tersebut dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama sebanyak 14 paket proyek dan tahap kedua sebanyak 18 paket proyek.
 
Ia mengatakan, sebanyak 14 paket proyek pembangunan sarana pertanian dikerjakan lebih awal karena perencanaan kegiatan ini pada tahun 2022.
 
"Saat ini dalam proses administrasi, kami targetkan penandatanganan kontrak kerja pembangunan sarana pertanian akhir bulan Mei tahun ini," ujarnya.
 
Sedangkan proses pembangunan sarana pertanian di 18 titik di daerah ini dilaksanakan setelah sebulan pengerjaan pembangunan sarana pertanian tahap pertama.
 
Ia menyatakan, meskipun pembangunan sarana pertanian tahun ini berasal dari pokir DPRD tetapi sejalan dengan hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan hingga kabupaten.
 
Ia mengatakan, usulan pembangunan jalan usaha tani, jalan sentra produksi, dan irigasi dari petani setempat sejak lima tahun sebelumnya.
 
Instansinya setiap tahun menerima usulan baru pembangunan jalan dari masyarakat yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit kepada pemerintah daerah setempat.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023