Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2023 mendapatkan program bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit di lahan seluas 200 hektare milik dua kelompok tani di daerah ini.
 
Program bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit tersebut dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPD-PKS).
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko M Rizon di Mukomuko, Minggu, mengatakan bantuan sarana dan prasarana tersebut berupa pembangunan jalan sentra produksi perkebunan dan bantuan pupuk.
 
Sebanyak Dua kelompok tani di daerah ini mendapatkan program bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit tersebar di Kecamatan Kota Mukomuko dan Kecamatan Penarik.
 
Ia mengatakan, kelompok tani di Kecamatan Kota Mukomuko mendapatkan program bantuan pembangunan jalan menuju lokasi perkebunan kelapa sawit dan kelompok tani di Kecamatan Penarik mendapatkan bantuan pupuk.
 
Dua kelompok tani di daerah ini yang mendapatkan program bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit tersebut belum pernah mendapatkan program peremajaan tanaman kelapa sawit.
 
"Program bantuan sarana dan prasarana pertanian perkebunan ini merupakan program BPD-PKS. Program ini untuk kelompok tani yang tidak mendapatkan program peremajaan tanaman kelapa sawit," ujarnya pula.
 
Sebanyak dua kelompok tani selain belum pernah mendapatkan program peremajaan tanaman kelapa sawit dan kelompok tani ini membutuhkan bantuan sarana untuk meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit.
 
Ia menargetkan, bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit di daerah ini dapat terealisasi dalam tahun ini.
 
Sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sebelumnya mengusulkan bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit di lahan seluas 4.000 hektare milik 13 kelompok tani di daerah tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023