Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menggelar pekan budaya seni dan lagu untuk memeriahkan acara festival "Kapung Sakti Ratau Betuah".

"Kita mengadakan pekan budaya seni dan lagu ini guna memerihkan festival 'Kapung Sakti Ratau Betuah'," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Yulia, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, selain itu sebagai bentuk penguatan workshop bagi seniman tahun 2014. Karena yang menjadi keluhan seniman di daerah itu ketiadaan kegiatan untuk mengapresiasikan bakat yang mereka miliki.

Sehingga, lanjutnya, tahun ini pemerintah setempat menyiapkan anggaran dalam APBD untuk menggelar acara pekan budaya seni dan lagu di daerah itu.

Ia menambahkan, acara ini juga bertujuan untuk memeriahkan festival  "Kapung Sakti Ratau Betuah" di daerah itu. Dalam festival ini juga akan diadakan pawai kendaraan.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mengadakan berbagai perlombaan, yakni sarapal anam, gandai, dan penilaian kendaraan yang mengikuti pawai budaya.

Menurutnya, setingan dalam acara pekan budaya ini nantinya, dibuat semenarik mungkin terkesan seperti Mukomuko tempo dulu.

Ia menerangkan, seluruh seniman yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu akan dilibatkan dalam acara pekan budaya seni dan lagu dan festival ""Kapung Sakti Ratau Betuah".

"Keterlibatan mereka itu nantinya sebagai peserta lomba dalam acara festival tersebut," ujarnya lagi.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015