Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu membentengi daratan di daerah ini dengan menanamkan mangrove di sempadan pantai yang kritis akibat abrasi.
 
"Kita sudah bicarakan dengan organisasi perangkat daerah terkait, kita matangkan kegiatan penanaman bibit mangrove sepanjang pesisir pantai daerah ini yang kritis akibat abrasi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Sabtu.
 
Penanaman bibit mangrove di sepanjang pesisir pantai yang kritis akibat abrasi tersebut, guna menindaklanjuti program penanaman 1.000 bibit mangrove yang dilakukan prajurit TNI dari Kodim 0428/Mukomuko sepanjang Muara Desa Pasar Sebelah.
 
Prajurit TNI dari Kodim 0428/Mukomuko bersama berbagai komponen di daerah ini menanam 1.000 bibit mangrove di sepanjang Muara Desa Pasar Sebelah yang kritis akibat abrasi.
 
Pemkab Mukomuko selain melakukan penanaman bibit mangrove sekaligus memberikan perawatan sehingga tanaman mangrove tersebut dapat tumbuh subur secara maksimal di sempadan pantai di daerah ini.
 
"Seperti arahan dari Bapak Presiden saat meluncurkan program penanaman pohon yang dilakukan oleh TNI, setelah kegiatan penanaman mangrove tentu kita bersama melakukan perawatan sehingga maksimal tumbuh," ujar dia.
 
Selain itu, kegiatan penanaman mangrove sepanjang pesisir pantai di daerah tersebut sudah membahas hal ini dengan instansi terkait, seperti Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko.
 
Ia mengungkapkan masih banyak wilayah pesisir pantai di daerah ini yang membutuhkan penanaman untuk mencegah berkurang daratan akibat abrasi pantai.
 
Menurutnya, penanaman mangrove ini selain untuk mewujudkan lingkungan asri, tidak tertutup kemungkinan dengan perkembangan mangrove memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.
 
Ia mengatakan Kabupaten Mukomuko yang notabene sudah mempunyai kawasan abrasi yang cukup banyak, sedangkan keberadaan tersebut mengancam pemukiman warga sepanjang pesisir pantai daerah ini.
 
Pemkab Mukomuko melibatkan semua komponen di daerah ini untuk menanam mangrove sepanjang sempadan pantai daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023