Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membeli rambu-rambu penunjuk jalan dan peringatan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di daerah itu.

"Tahun ini dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp734 juta untuk kegiatan pengadaan rambu-rambu penunjuk jalan di daerah ini," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Ruslan, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, rambu-rambu yang sangat mendesak saat ini, yakni penunjuk jalan menuju arah rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat.

Termasuk, lanjutnya, rambu peringatan untuk lokasi yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas di Kecamatan Teramang Jaya dan Kecamatan Lubuk Pinang.

Ruslan mengatakan, pihaknya belum mengetahui jumlah termasuk lokasi pemasangan rambu penunjuk jalan, peringatan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas, dan marka jalan.

Karena, lanjutnya, belum ada perencanaan kegiatan itu. Selain itu belum dilakukan survei lokasi yang akan dipasang rambu-rambu lalu lintas tersebut.

Dikatakan, pihaknya akan membentuk tim yang akan melakukan survei lokasi yang akan dipasang rambu-rambu penunjuk jalan di daerah itu.

Agar, lanjutnya, kegiatan pemasangan rambu-rambu tersebut tepat sasaran di lokasi yang dibutuhkan oleh pengendara kendaraan bermotor dan masyarakat pengguna jalan setempat.

Kendati demikian, katanya, pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan lokasi yang strategis dipasang rambu-rambu tersebut.

"Tim kami juga memiliki keterbatasan jangkauan untuk menentukan lokasi pemasangan rambu-rambu tersebut. Kalau masyarakat tahu mereka bisa menyampaikannya," ujarnya. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015