Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan anggaran sebesar Rp60 miliar dari APBD untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Kamis, mengatakan persiapan anggaran sebesar Rp60 miliar untuk Pilkada tersebut sesuai dengan kebutuhan  yang diusulkan KPU, Bawaslu, dan pihak pengamanan.
 
Dari anggaran sebesar Rp60 miliar tersebut, katanya, sebesar 40 persen dari anggaran Pilkada tersebut disiapkan tahun 2023, sisanya 60 persen tahun 2024.
 
"Kita di daerah ini berdasarkan surat edaran Mendagri untuk mempersiapkan anggaran sebesar 40 persen dari kebutuhan Pilkada tahun 2023," ujarnya.
 
Namun terkait dengan anggaran Pilkada tersebut, pemerintah daerah tetap menunggu arahan dari gubernur karena Pilkada ini selain Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.
 
Selanjutnya, katanya, tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) pemerintah daerah akan menghimpun anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada 2024.
 
"Kita diskusikan dengan TAPD terkait anggaran apa saja dalam APBD yang digunakan untuk Pilkada tahun ini," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, pihaknya akan membahas kebutuhan anggaran untuk Pilkada 2024 dengan DPRD setempat.
 
Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Irsyad  mengatakan lembaganya sebelumnya mengusulkan anggaran pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko tahun 2024 sebesar Rp33 miliar dari APBD.
 
"Usulan anggaran Pilkada Mukomuko 2024 sebesar Rp33 miliar dengan asumsi tidak ada dana berbagi dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur," ujarnya.
 
Ia mengatakan, penghitungan anggaran sebesar Rp33 miliar tersebut untuk pelaksanaan tahapan mulai dari awal hingga akhir Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko.
 
Dengan anggaran tersebut katanya, asumsi jumlah peserta Pilkada Kabupaten Mukomuko 2024 diikuti oleh lima pasangan calon bupati dan wakil bupati.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023