Rejanglebong (Antara) - Pihak Kepolisian Resor Rejanglebong Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyosialisasikan gerakan penguatan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada 15 kecamatan di daerah itu.

"Sosialisasi kamtibmas ini dilakukan kepada 156 lurah dan kepala desa yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejanglebong. Sosialisasi ini untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk menciptakan dan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing," kata Kasat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Rejanglebong AKP M Nurda'i saat dihubungi Minggu.

Penciptaan dan menjaga situasi kamtibmas di daerah masing-masing kata dia, merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu pihaknya mengajak seluruh kepala desa dan lurah di daerah tersebut agar dapat berperan aktif sehingga dapat mencegah dan meminimalisasi tindak kejahatan yang akan terjadi di wilayah mereka.

Program sosialisasi peningkatan peran serta kepala desa dan lurah dalam menciptakan kambtimas di daerah tersebut kata dia, mulai dilaksanakan pihaknya pada tahun ini.

Sosialisasi kamtibmas itu sendiri sudah dilaksanakan pada tujuh kecamatan diantaranya lima kecamatan di dalam kota yakni Kecamatan Curup, Curup Tengah, Curup Timur, Curup Selatan dan Curup Utara yang melibatkan 37 kepala desa dan kelurahan, kemudian 34 desa dan kelurahan di Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Kecamatan Bermani Ulu, dan sisa pada delapan kecamatan lainnya akan dilakukan secara bertahap.

Program sosialisasi kamtibmas kepada kades dan lurah itu sendiri selain bertujuan membangkitkan semangat kamtibmas dan mengaktifkan kembali poskamling di tingkatan desa/kelurahan, RT maupun di setiap dusun.

"Saat ini poskamling yang masih berfungsi jumlahnya sangat sedikit dan hanya di tempat-tempat tertentu saja, pada fungsi poskamling ini sangatlah besar selain untuk menjaga keamanan juga mencegah terjadinya bahaya kebakaran maupun membantu orang yang sakit di malam hari," katanya.

Sebelumnya kegiatan sosialisasi kamtibmas ini kata dia, juga telah dilakukan pihak Polres Rejanglebong terhadap kalangan pelajar dan mahasiswa di daerah ini, selain mengajak kalangan itu berperan serta dalam penciptaan kamtibmas juga dilakukan bersamaan dengan sosialisasi bahaya narkoba.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015