Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berupaya menyediakan sepeda motor roda tiga pengangkut sampah di setiap desa untuk membantu meraih target yaitu agar daerah ini bebas sampah pada tahun 2024.
 
Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Budi Yanto di Mukomuko, Rabu, mengatakan instansinya akan menjalin komunikasi dengan semua pihak di daerah ini untuk menyediakan sepeda motor roda tiga pengangkut sampah setiap desa di daerah ini.
 
"Kami akan menjalin komunikasi dengan semua perusahaan besar swasta yang bergerak di sektor perkebunan dan pengolahan kelapa sawit agar mereka mendukung kegiatan penyediaan sepeda motor roda tiga untuk daerah ini," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, instansinya akan menyurati instansi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan pemerintah desa agar menyediakan sebagian Dana Desa untuk membeli sepeda motor roda tiga pengangkut sampah.
 
Ia mengatakan, selama ini sejumlah perusahaan besar swasta di daerah ini telah mendukung program pemerintah daerah dalam menyediakan tong sampah di fasilitas umum dan objek wisata.
 
Ia menyebutkan, empat objek wisata di daerah ini yang akan menerima bantuan tong sampah, yakni objek wisata Pantai Batu Kumbang, Pantai Markisa, Rest Area, dan objek wisata Danau Nibung.
 
Bahkan PT Daria Dharma Pratama (DDP) membantu memperbaiki bak mobil pengangkut sampah yang mengalami kebocoran karena berusia tua.
 
Menurutnya, semua bantuan sarana dan prasarana persampahan ini merupakan bentuk kerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih di daerah ini.
 
Selain itu, ia juga mengajak pelaku usaha lainnya di daerah ini untuk ikut bersama-sama dengan pemerintah daerah setempat dalam menciptakan lingkungan yang bersih di daerah ini.
 
Ia berharap, mudah-mudahan ke depan daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah Utara Kita Bengkulu ini meraih Adipura tahun 2024.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023