Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Syamsul Effendi menyebutkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak dalam 66 desa di wilayah itu berlangsung kondusif.

"Alhamdulillah pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023 hingga saat ini berlangsung kondusif, ini kita harapkan hingga selesai nantinya akan kondusif," kata dia saat memantau jalannya pilkades di Desa Teladan, Kecamatan Curup Selatan, Rabu.

Dia menjelaskan untuk memastikan jalannya pilkades serentak ini berjalan kondusif dirinya bersama dengan wakil bupati, ketua DPRD, Dandim, Kejari dan Kapolres Rejang Lebong melakukan monitoring langsung pelaksanaan pemungutan suara yang dilaksanakan dalam beberapa desa tersebar di Kecamatan Curup Selatan, Curup Utara dan Curup Selatan.

Guna memastikan jalannya pilkades serentak di wilayah itu berjalan lancar dan kondusif dirinya juga sudah menginstruksikan 13 dari 15 camat yang wilayahnya ada pilkades untuk melakukan pemantauan dan turun langsung ke masing-masing desa.

Ia mengimbau 191 calon kepala desa yang bertarung di 66 desa tersebar dalam 13 kecamatan agar siap menang dan siap kalah, karena pilkades itu merupakan pesta demokrasi sehingga ada yang menang dan kalah.

"Pilkades ini merupakan pesta demokrasi masyarakat yang dilaksanakan setiap enam tahun sekali, saya yakin semua calon sudah siap menang dan siap kalah sehingga apapun keputusannya harus diterima oleh masing-masing dengan lapang dada," kata dia.

Sebelumnya Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda Trisno Tampubolon saat memimpin gelar pasukan pengamanan pilkades serentak 2023 yang dikemas dalam Operasi Mantap Praja Suban 2023 di Mapolres Rejang Lebong yang melibatkan 640 orang personel gabungan.

"Personel yang terlibat di antaranya sebanyak 208 personel Polres Rejang Lebong dan polsek jajaran, dibackup oleh TNI sebanyak 25 personel, Brimob 25 personel serta 382 personel Linmas," kata dia.

Pengerahan personel gabungan untuk pengamanan pilkades serentak yang akan digelar dalam 66 desa tersebar di 13 kecamatan di Rejang Lebong tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilihan dan pascapemilihan kepala desa.Baca juga: Polres Rejang Lebong tetapkan dua tersangka korupsi PDAM

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023