Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, meminta warga di daerah ini untuk mencermati pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan jumlah DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong yang sudah ditetapkan pada 21 Juni 2023 sebanyak 208.394 pemilih terdiri atas laki-laki  105.311 orang dan perempuan 103.083 orang.

"DPT Pemilu 2024 ini setelah dicetak kemudian didistribusikan kepada 15 PPK dan seterusnya diumumkan PPS di desa atau kelurahan masing-masing. Warga kita minta untuk mencermati DPT ini guna memastikan apakah mereka sudah terdaftar atau belum," kata dia.

Dia menjelaskan pengumuman DPT dilakukan petugas PPS di masing-masing desa dan kelurahan di mana DPT ini ditempel di tempat-tempat terbuka dan mudah dilihat orang banyak.

Ia mengatakan masyarakat maupun pengurus parpol mengetahui adanya warga yang belum terdaftar atau pemilih yang sudah terdaftar tetapi sudah meninggal dunia atau pindah ke daerah lain agar dilaporkan kepada PPS, PPK atau KPU Rejang Lebong.

Dia mengatakan warga yang belum termasuk dalam DPT akan dimasukkan dalam DPT tambahan sehingga diharapkan sampai saat pemungutan suara nanti sudah tidak ada lagi warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih.

Menurut dia, warga Rejang Lebong yang sudah masuk dalam DPT sebanyak 208.394 pemilih itu nantinya akan menggunakan hak suara di 816 TPS, tiga di antaranya TPS khusus yang akan didirikan di Lapas Kelas IIA Curup.

Sementara itu berdasarkan data DPT yang telah ditetapkan KPU Rejang Lebong tercatat pemilih terbanyak berada di Kecamatan 26.912 orang dan Kecamatan Curup Tengah sebanyak 25.266 orang, sedangkan pemilih paling sedikit di Kecamatan Sindang Beliti Ilir 7.142 orang dan Kecamatan Binduriang 7.212 orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023