Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memperbaiki pompa "intake" di Kecamatan Selagan Raya yang rusak akibat terendam banjir agar tidak menganggu distribusi air ke pelanggan di daerah ini.
 
"Pompa 'intake' terendam sejak seminggu yang lalu rusak akibat terendam banjir, kini pompa 'intake' yang rusak sudah diperbaiki oleh petugas PDAM," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Mukomuko Sondri di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan, pompa intake yang berada di Kecamatan Selagan Raya terendam banjir karena selain lokasi pompa "intake" rendah dan lokasi berada dekat dengan hulu sungai di wilayah tersebut.

Baca juga: Pemkab Mukomuko permudah korban kebakaran bikin dokumen kependudukan
Ia menambahkan, selama ini pompa "intake" yang berada di wilayah Kecamatan Selagan Raya rutin terendam banjir musiman saat hujan lebat melanda daerah ini.
 
Untuk itu, katanya, petugas PDAM setempat rutin melakukan pengecekan perawatan agar pompa tersebut agar terendam banjir saat musim hujan.
 
"Petugas PDAM daerah ini rutin ke lokasi pompa 'intake' untuk mengatur distribusi air agar banjir tidak merendam pompa tersebut," ujarnya.


Baca juga: Pemkab Mukomuko siapkan dana pengobatan belasan ODGJ

 
Ia menyebutkan, sekitar 1.000 pelanggan PDAM yang tersebar di Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Kota Mukomuko yang tidak menerima distribusi air dari perusahaan ini.
 
Ia memastikan, kini ribuan pelanggan PDAM tersebut secara bertahap telah menerima distribusi air bersih dari perusahaan ini.
 
Terkait kerusakan jaringan PDAM Tirta Selagan di Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Air Manjuto yang mengakibatkan sebagian besar pelanggan tidak menerima penyaluran air bersih belum diperbaiki sampai sekarang.
 
"Sampai sekarang pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang belum memperbaiki kerusakan jaringan PDAM tersebut," ujarnya.


Baca juga: Wisata Pantai Batu Kumbang Mukomuko dikembangkan
 
 
Ia menyebutkan, dari sebanyak 700 sambungan rumah (SR) di Kecamatan Selagan Raya, hanya 60 SR yang teraliri air. Kemudian dari sebanyak 400 SR di Kecamatan Air Manjuto tidak teraliri air.
 
"Di Kecamatan Air Manjuto sebetulnya air sudah masuk, tetapi banyak terjadi kebocoran pipa di pasar satuan pemukiman VI, sehingga pipa ditutup dulu," ujarnya.
 
Sebanyak 2.600 pelanggan PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko yang tersebar di Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Air Manjuto, dan Kecamatan Kota Mukomuko.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023