Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu mengatakan bahwa sebanyak 5 ribu penerima program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan gratis dari pemerintah segera dihapuskan karena berbagai hal termasuk dianggap memiliki ekonomi yang mencukupi.
 
"Sebanyak 5 ribu penerima BPJS gratis di Kota Bengkulu segera dihapuskan karena berbagai hal seperti perekonomian mereka dinilai mencukupi," kata Kepala Dinsos Kota Bengkulu Sahat Situmorang di Kota Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan bahwa dari 5 ribu penerima tersebut, 100 diantaranya telah dihapus atau dinonaktifkan dari data terpadu kesehatan sosial (DTKS) karena dinilai adanya perubahan ekonomi, alamat penerima dan telah meninggal dunia.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong upayakan kepesertaan BPJS kesehatan capai UHC
 
Ia mengimbau untuk masyarakat yang berdomisili di Kota Bengkulu dan berasal dari keluarga tidak mampu untuk datang ke Dinas Sosial guna mendaftar sebagai penerima DTKS.
 
Lanjut Sahat, untuk syarat pendaftaran penerima DTKS yaitu membawa kartu keluarga (KK), membawa foto rumah secara keseluruhan mulai dari luar hingga dalam rumah.
 
"Setelah persyaratan siap, masyarakat tersebut untuk datang ke kantor kelurahan guna mengajukan diri sebagai penerima DTKS," sebutnya.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Bengkulu mencatat sebanyak 20.369 warga tidak mampu di wilayah tersebut telah menerima program BPJS kesehatan gratis.

Baca juga: Bengkulu-BPJS Ketenagakerjaan kolaborasi entaskan kemiskinan ekstrem
 
"Program BPJS gratis merupakan komitmen Walikota Bengkulu dan di Bengkulu biaya berobat 100 persen gratis tanpa terkecuali," kata Wakil Wali Kota Bengkulu Deddy Wahyudi.
 
Ia menyebutkan, melalui program BPJS kesehatan gratis, seluruh masyarakat di Kota Bengkulu dapat berobat ke rumah sakit tanpa memikirkan biaya.
 
Selain untuk masyarakat tidak mampu, jika ada warga Kota Bengkulu yang menunggak dan sedang sakit dapat langsung mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan kesehatan.
 
Masyarakat juga dapat menghubungi pihak RT, Kelurahan, Kecamatan bahkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu untuk mendapatkan perawatan kesehatan secara gratis.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023