Pejabat Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menjadikan kegiatan kontes "Bujang Gadih" Mukomuko 2023 di daerah ini menjadi sarana promosi pariwisata dan kebudayaan melalui generasi muda terpilih.
 
"Melalui kegiatan pemilihan 'Bujang Gadih' Mukomuko 2023 bertujuan sebagai wadah kreativitas generasi muda serta promosi wisata dan budaya Mukomuko ke tingkat nasional," kata Kepala Bidang Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Riskan di Mukomuko, Selasa.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini kembali menggelar kegiatan pemilihan "Bujang Gadih" Mukomuko 2023 di Gedung Balai Daerah Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Baca juga: Bujang-Gadis Bengkulu janji kenalkan pariwisata daerah
Baca juga: "Bujang Gadis" Bengkulu bantu promosi wisata

 
Ia mengatakan, lomba pemilihan "Bujang Gadih" Mukomuko 2023 ini bertema "Wisata Budaya Kreatif untuk Mukomuko Maju" yang diikuti 35 orang generasi muda.

Panitia penyelenggara kegiatan, kata dia, menetapkan 15 kategori pemilihan yang akan diikuti oleh para peserta yang terdiri dari remaja ini.
 
"Semua peserta pemilihan ini bisa mengikuti semua kategori yang diperlombakan, dan setiap peserta diberikan penilaian berdasarkan kemampuannya masing-masing," ujarnya.


Baca juga: Dinas Pariwisata Mukomuko kembangkan tiga lokasi agrowisata
Baca juga: Memanfaatkan kawasan hutan Mukomuko untuk objek wisata

 
Ia menyebutkan, sebanyak 15 kategori pemilihan "Bujang Gadih" Mukomuko tersebut, yakni Bujang Mukomuko 2023, Gadih Mukomuko 2023, Putra Pariwisata, Putri Pariwisata, Bujang Budaya, dan Gadih Budaya.
 
Selanjutnya, katanya, kategori Bujang Berbakat, Gadih Berbakat, Bujang Kreatif, Gadih Kreatif, Gadih Intelegensia, Gadih Persahabatan, Gadih Lingkungan, Gadih Favorit, dan Gadih Mukomuko wakil I.
 
Ia mengatakan, selanjutnya para pemenang lomba akan menjadi duta pariwisata dan budaya dari daerah ini dan mempromosikannya kepada masyarakat dari dan luar daerah ini.
 
Sementara itu, kegiatan pemilihan "Bujang Gadih" Mukomuko merupakan bagian dari media promosi pariwisata budaya daerah ini sekaligus mencari generasi muda yang berprestasi untuk mempromosikannya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023