Bengkulu (Antara) - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu melelang 76 paket proyek perbaikan jalan, jembatan dan irigasi tahun anggaran 2015 senilai Rp374 miliar.

"Proses lelang mulai dibuka hari ini lewat unit layanan pengadaan secara daring," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu Andi Roslinsyah di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan dari 76 paket itu, pekerjaan dibanyak di Bidang Bina Marga atau untuk perbaikan jalan.

Lelang paket yang menggunakan sistem daring atau "online" diharapkan mampu menjaring kontraktor yang berpengalaman dan mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik.

"Perlu verifikasi terhadap perusahaan peserta tender, karena pengalaman beberapa tahun sebelumnya ada kontraktor yang tidak memiliki alat berat," ujar dia.

Akibatnya kata Andi pada tahun anggaran 2013 terdapat 11 paket proyek yang terpaksa putus kontrak dan dua paket proyek pada tahun anggaran 2014.

Andi mengatakan proses lelang paket itu diperkirakan berlangsung selama satu bulan dan ditargetkan awal Mei 2015, seluruh proyek sudah berjalan di lapangan.

Sementara menurut Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Yurman Hamedi menilai proses lelang tersebut cukup lamban karena APBD sudah disetujui pada awal Januari 2015.

"Proses lelang ini termasuk lamban, seharusnya saat ini sudah mulai pengerjaan," ucapnya.

Ia mengatakan proyek jalan, jembatan dan irigasi serta infrastruktur lainnya yang dibangun oleh pemerintah melalui kontraktor sangat ditunggu-tunggu masyarakat.

Terutama kondisi jalan provinsi yang akan diperbaiki tahun ini sangat dibutuhkan masyarakat sebab jalan menjadi salah satu urat nadi perekonomian.***3***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015