Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Syamsul Effendi menyebutkan Desa Suban Ayam, Kecamatan Selupu Rejang menjadi satu-satunya desa percontohan antikorupsi di provinsi setempat.

"Desa Suban Ayam, Kecamatan Selupu Rejang saat ini tengah mengikuti penilaian lomba desa antikorupsi di Indonesia tahun 2023," kata dia saat menyambut rombongan roadshow bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan keberadaan Desa Antikorupsi di Kabupaten Rejang Lebong itu merupakan upaya untuk memerangi tindak pidana korupsi di kalangan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat di wilayah itu.

Selain itu di Kabupaten Rejang Lebong, kata dia, saat ini juga sudah apa peraturan nupati (Perbup) nomor 17 tahun 2021 tentang penyelenggaraan pendidikan antikorupsi pada satuan pendidikan, di mana sosialisasi antikorupsi ini selain menyasar kalangan ASN, masyarakat umum dan juga pelajar di sekolah.

Kedatangan rombongan roadshow bus KPK di Kabupaten Rejang Lebong, tambah dia, patut diapresiasi sehingga nantinya dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di kalangan penyelenggara negara dan masyarakat umum, karena korupsi adalah musuh nyata sehingga harus diperangi.

Sementara itu Kasatgas Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK RI Adi Setiyo Tamtomo mengatakan strategi pemberantasan korupsi itu ada tiga macam, pertama ialah pendidikan antikorupsi, pencegahan antikorupsi dan penindakan antikorupsi.

"Kita di sini konteksnya adalah yang pertama yakni pendidikan antikorupsi, di mana itu kita melakukan sosialisasi, kampanye dan menyampaikan dalam pencegahan korupsi itu kita juga perlu menyiapkan generasi yang akan datang," kata dia.

Adapun target dalam kegiatan roadshow bus KPK di Provinsi Bengkulu kali ini, kata dia, adalah ke sekolah, masyarakat dan semua unsur pemangku kepentingan atau stakeholder, termasuk juga aparat pemerintahannya diberikan edukasi.

Kegiatan pendidikan antikorupsi ini, tambah dia, akan dilaksanakan juga di daerah-daerah yang dilalui roadshow bus KPK setelah dari Provinsi Bengkulu akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Jambi, Sumatera Barat hingga Aceh.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023