Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, modifikasi mobil hibah Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT)  menjadi mobil pemadam kebakaran untuk seluruh kecamatan di daerah ini.

"Kita akan melakukan modifikasi, nanti kita minta tolong partisipasi perusahaan perusahaan. Kita minta tolong modifikasi mobil yang ada, mereka menyiapkan peralatan yang sangat sederhana, selanjutnya mobil tersebut untuk ditempatkan di kecamatan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Rabu.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pemadam Kebakaran melakukan modifikasi mobil hibah PDT untuk mengatasi kekurangan mobil pemadam kebakaran untuk 15 kecamatan di daerah ini.
 
Dari sebanyak 15 kecamatan di daerah ini, baru lima kecamatan yang berada jauh dari ibukota Kabupaten Mukomuko yang telah memiliki mobil pemadam kebakaran.
 
Sebanyak lima kecamatan yang telah memiliki mobil pemadam kebakaran, yakni Kecamatan Ipuh, Kecamatan Pondok Suguh, Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Kecamatan Lubuk Pinang.
 
Terkait dengan modifikasi mobil hibah PDT menjadi mobil pemadam kebakaran untuk seluruh kecamatan di daerah ini, ia mengatakan, instansi telah mendiskusikan dengan bupati setempat.
Selain itu, katanya, pihaknya juga akan mencoba koordinasi dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) terkait dengan modifikasi mobil hibah PDT menjadi mobil pemadam kebakaran.

Ia mengatakan, instansi juga akan berkoordinasi dengan perusahaan yang ada di daerah ini terkait kontribusi mereka untuk membantu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi mobil hibah PDT yang tersebar di sejumlah desa terpencil di daerah ini menjadi mobil pemadam kebakaran.

"Kita berharap semua pihak di daerah ini saling membantu untuk mengatasi kebakaran rumah warga serta kebakaran lahan dan hutan pada musim kemarau," ujarnya.
Sementara itu, ia mengatakan, pihaknya selain mengusulkan modifikasi mobil hibah PDT serta aset kendaraan bekas pemerintah daerah setempat yang selama ini tidak termanfaatkan.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023