Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menggelar sosialisasi dan edukasi terhadap para mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
Sosialisasi tersebut dilakukan agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih dari pemilih pertama dan pemilih pemula.

"KPU Kota Bengkulu memberikan materi kepada mahasiswa untuk pendidikan politik mengingat banyak di antara mereka merupakan pemilih pertama dan pemilih pemula, jadi harus banyak mendapatkan masukan dan edukasi terutama terkait pemilihan nanti," kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensent di Kota Bengkulu, Selasa.

Baca juga: KPU Kota Bengkulu siapkan sembilan sepeda motor untuk operasional PPK

Kemudian, pihaknya terus berupaya mendatangi kampus, sekolah dan beberapa tempat lainnya untuk menjaring pemilih pemula guna memberikan informasi dan pendidikan politik terkhusus kaitannya dengan Pemilu 2024.

Ia menyebutkan, pada kegiatan sosialisasi tersebut, pihaknya menjelaskan kepada mahasiswa tentang kepemiluan seperti peserta pemilu dan pelaksanaannya.
 
Selain itu, KPU Kota Bengkulu juga fokus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar aktif menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.
 
"Sosialisasi terus dilaksanakan agar masyarakat mengetahui kapan dilaksanakan pemilu serta akan menekan angka golput dan mensosialisasikan agar masyarakat aktif menggunakan hal pilihnya dan ditargetkan pada Pemilu 2024 angka golput di Kota Bengkulu rendah," sebutnya.

Baca juga: Empat mantan koruptor masuk DCS Pemilu 2024 di Bengkulu
 
Sementara itu, untuk daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 270.194 orang dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu yang terdiri dari 132.661 pemilih laki-laki dan 137.533 pemilih perempuan dengan 67 kelurahan dan 985 tempat pemungutan suara (TPS).
 
Penetapan jumlah DPT dan TPS di sejumlah wilayah di Kota Bengkulu setelah KPU Kota Bengkulu telah menyelesaikan rekapitulasi di sembilan PPK.
 
Penetapan DPT tersebut berdasarkan hasil kerja partisipatif yang telah dilakukan secara maksimal guna menjamin terpenuhinya data pemilih Pemilu 2024 yang akurat dan mutakhir.
 
Selain itu, KPU Kota Bengkulu menetapkan 497 orang sebagai daftar calon sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di wilayah tersebut pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023