Pemerintah Kota Bengkulu mengatakan, sebanyak 19 anak yang mengalami stunting di Kelurahan Sawah Lebar saat ini mengalami pertumbuhan dan berat badan meningkat.

"Anak stunting di Bengkulu rata-rata sudah menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan karena berat badan mereka bertambah," kata Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Untuk mendukung pertumbuhan 19 anak stunting tersebut, pemerintah Kota Bengkulu memberikan bantuan pangan berupa makanan bergizi, vitamin, biskuit dan susu.
 
Selain itu, pemerintah melalui Puskesmas dan Dinas Kesehatan melakukan intervensi dan pengawasan dengan melakukan edukasi, penyuluhan dan penyerahan bantuan pangan bergizi.
 
"Kami mengarahkan kepada dinas kesehatan dan jajaran puskesmas khususnya puskesmas Sawah Lebar untuk terus memantau pertumbuhan anak-anak yang masih dalam kondisi stunting. Kita berharap di Sawah Lebar ini dr 19 yang masih terdata maka ke depannya kita berharap tidak ada lagi atau zero stunting," ujar dia.
 
Sementara itu, Pemerintah Kota Bengkulu terus berupaya untuk menekan angka stunting di wilayah tersebut dengan melakukan deteksi dini, seperti dari calon pengantin.
 
Selain itu, seluruh pihak untuk terus memaksimalkan beberapa upaya di tengah masyarakat untuk memastikan langkah penanganan stunting secara komprehensif.
 
Dengan banyaknya pihak yang komitmen dalam membantu Pemerintah Kota Bengkulu maka penurunan angka stunting di wilayah tersebut dapat terealisasikan.
 
"Di Kota Bengkulu ini begitu banyak resources (sumber daya) yang bisa kita berdayakan. Seperti Baznas siap membantu, para kepala OPD siap membantu, kemudian CSR siap juga. Ketika ada yang berisiko stunting ibunya yang hamil tolong dikasih tahu segera," ujarnya.
 
Selain itu, melalui pembentukan kampung keluarga berkualitas (KB) di 67 kelurahan juga dapat menekan angka stunting di wilayah tersebut.
 
Sebab, kampung keluarga berkualitas merupakan strategi pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat di tingkat kampung untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
 
Melalui peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk mengembangkan kampung keluarga berkualitas dan ikut berperan menurunkan angka stunting diberbagai kecamatan, dengan harapan angka stunting di kota turun hingga satu digit.

 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023