Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah menggalang bantuan bagi para pengungsi Rohingya usai mengikuti doa peringatan Isra Miraj di Masjid Baitul Izzah, Kota Bengkulu.

"Sebagai bentuk dukungan dan solidaritas sesama manusia, saya tergerak menggalang dana untuk pengungsi Rohingya," kata Gubernur Junaidi di Bengkulu, Senin.

Penggalangan dana itu mengunakan kardus yang disodorkan kepada sekitar 1.000 umat yang hadir di acara peringatan Isra Miraj tersebut.

Sejumlah pejabat juga ikut memberikan sumbangan, antara lain Kapolda, Danrem, Kajati, dan Kakanwil Kemenag Bengkulu serta para pelajar.

Dana yang terkumpul dari penggalangan secara spontan tersebut mencapai Rp17,2 juta yang akan disalurkan ke pengungsi melalui Pemerintah Provinsi Nangroe Aceh Darrussalam.

"Untuk tahap pertama tidak banyak, tapi mudah-mudahan bisa membantu pengungsi Rohingya," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat di daerah itu turut memberikan bantuan kemanusian kepada pengungsi Rohingya yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

Saat ini lebih dari 1.000 imigran asal Myanmar meninggalkan negara mereka dan mengungsi ke wilayah Indonesia, tepatnya di Aceh.

Para pengungsi Rohingya yang mengalami diskriminasi di negaranya itu, ditemukan nelayan tradisional terapung di tengah lautan dalam kondisi memprihatinkan dan butuh pertolongan. ***4***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015