Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyiapkan pemberangkatan 50 warga berasal dari 15 kecamatan di daerah itu untuk mengikuti program umrah gratis.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan umrah gratis tersebut salah satu program unggulan daerah itu sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dalam Pilkada 2020.

"Pada Tahun 2023 ini kembali Pemkab Rejang Lebong akan memberangkatkan 50 orang dalam program umrah gratis, di mana saat ini kita masih menunggu hasil evaluasi APDB Perubahan 2023," kata dia.

Dia menjelaskan program umrah gratis di daerah tersebut anggarannya baru dimasukkan dalam APBD-P Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2023 yang disahkan pada September lalu dengan besaran Rp1,7 miliar.

Peserta program umrah gratis ini, kata dia, diprakirakan berangkat pada Desember mendatang karena setelah APBD-P berjalan akan dilakukan penjaringan calon anggota jamaah umrah yang berhak mengikutinya, vaksinasi meningitis, kemudian pengurusan paspor dan lainnya.

Kalangan masyarakat yang akan mengikuti program umrah gratis ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni berasal dari perangkat desa/kelurahan, masyarakat berprestasi yang diusulkan oleh 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Berkas usulan dari kecamatan ini nantinya akan kita diverifikasi di tingkat kabupaten, peserta yang diusulkan ini akan mengikuti seleksi kompetensi oleh tim berkompeten seperti organisasi Islam, akademisi dari IAIN Curup dan lain-lain," katanya.

Untuk proses pelelangan perusahaan jasa perjalanan umrah yang menjadi penyelenggara kegiatan ini nantinya dilihat melalui e-catalog.

"Setelah calon peserta lolos seleksi nantinya akan mengikuti manasik umrah, menyiapkan suntik meningitis hingga pengurusan paspor," demikian Herwin.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023