Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu mengusulkan perbaikan dan pemasangan baru "traffic light" atau lampu lalu lintas di tiga titik dengan total anggaran Rp1,05 miliar.
 
Pemasangan tiga lampu lalu lintas tersebut akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu.
 
"Kota Bengkulu ada tiga lokasi kita usulkan dan satu kita pasang baru. Untuk di APBD kita belum ada dan belum sampai di dinas namun kita berusaha dan untuk satu simpang empat itu kisaran Rp350 juta," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan di Kantor Wali Kota Bengkulu, Rabu.
 
Rencana pemasangan tiga lampu lalu lintas tersebut berada Simpang Kampung Bali, Simpang Panorama dan Simpang Masjid Jamik Kota Bengkulu.
 
Selain itu, terdapat dua titik pemasangan lampu lalu lintas yang diusulkan ke Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) RI.
 
"Untuk yang kita usulkan ke Kementerian Perhubungan melalui balai yaitu di Simpang Air Sebakul dan Simpang Betungan," ujar dia.
 
Sementara itu, Dishub juga melakukan pemasangan 120 titik lampu jalan yang berada di sekitar kawasan Kota Merah Putih ditargetkan akan selesai sebelum akhir 2023.
 
Sebab, saat ini pihaknya masih menunggu perencanaan pemasangan tiang lampu jalan dan jaringan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu.
 
Lanjut Hendri, pihaknya akan kembali mengusulkan penambahan anggaran untuk pemasangan lampu jalan di dalam kawasan Kota Merah Putih pada APBD perubahan 2023.
 
Sementara itu, Dishub Kota Bengkulu menerima alokasi dana penerangan jalan umum (PJU) sebesar Rp1,5 miliar untuk pemasangan dan biaya pemeliharaan di wilayah tersebut. 
 
Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (DRPD) Kota Bengkulu untuk penyediaan PJU di kawasan Kantor Merah Putih Rp1 miliar dan sekitar Rp500 juta untuk penggantian dan juga perawatan PJU di area pemukiman warga.
 
Meskipun demikian, terang Hendri, anggaran tersebut tidak mencukupi untuk melakukan perawatan dan penggantian lampu PJU di seluruh area Kota Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023