Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan sosial untuk penyandang disabilitas dan korban kebakaran rumah di wilayah itu.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat menyalurkan bantuan alat penyandang disabilitas di Kecamatan Curup Timur, Rabu, mengatakan daerah itu melalui Dinas Sosial setiap tahun menyiapkan bantuan sosial, antara lain untuk penyandang disabilitas dan korban kebakaran.

"Hari ini tadi kita salurkan bantuan kursi roda untuk warga Desa Kampung Delima, Kecamatan Curup Timur, selain itu warga ini juga menerima uang santunan dari Baznas Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan bantuan yang diberikan kepada warga ini merupakan pengadaan Dinas Sosial Rejang Lebong Tahun 2023, antara lain berupa kursi roda, tongkat, dan alat dengar.

Bantuan sosial lainnya yang disalurkan Pemkab Rejang Lebong pada hari itu, kata dia, untuk korban kebakaran yang menghanguskan satu rumah yang juga dijadikan tempat usaha pembuatan kerupuk di Desa Tasikmalaya, Kecamatan Curup Utara. Kebakaran terjadi pada 31 Oktober 2023.

Dia menjelaskan bantuan itu untuk mendukung penyandang disabilitas menjalankan aktivitas dalam kehidupan sehari, sedangkan bantuan untuk korban kebakaran, antara lain berupa terpal dan perabotan dapur, dan bahan makanan guna meringankan musibah yang dialami warga.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong Anes Rahman menyebutkan pihaknya pada tahun ini menyiapkan 107 alat bantu untuk penyandang disabilitas di wilayah itu.

Alat bantu dengan pengadaan bersumber dari APBD Rejang Lebong tersebut, kata dia, 64 unit sudah disalurkan, sedangkan sisanya 43 unit disalurkan dalam waktu dekat. Pihaknya menargetkan penyaluran bantuan selesai akhir tahun ini.

Alat bantu penyandang disabilitas yang diadakan Dinas Sosial Rejang Lebong ini, antara lain alat bantu dengar, kursi roda, tongkat ketiak, tongkat kaki tiga, dan tongkat kaki empat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023