Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sedang mempersiapkan pemberangkatan ke Tanah Suci 50 warga setempat sebagai calon penerima bantuan program umrah gratis pada 2023.

"Hari ini calon penerima bantuan umrah gratis tahun 2023 menjalani uji kompetensi yang diikuti oleh 50 orang terdiri dari 41 laki-laki dan sembilan perempuan," kata Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusumah di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan umrah gratis tersebut salah satu program unggulan daerah itu sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dalam Pilkada 2020.

Program umrah gratis tahun ini, kata dia, dibiayai dari APBD Perubahan Rejang Lebong 2023 sebesar Rp1,75 miliar yang diperuntukkan 50 orang.

Para calon penerima bantuan umrah gratis itu, katanya, antara lain, perangkat agama desa dan kelurahan, masyarakat berprestasi, dan tokoh masyarakat.

"Kuota 50 orang yang akan berangkat umrah gratis Tahun 2023 sebanyak 49 berasal dari perangkat agama desa dan kelurahan, serta satu orang lagi dari masyarakat berprestasi," katanya.

Dia menjelaskan uji kompetensi calon penerima bantuan umrah gratis di Kabupaten Rejang Lebong dilakukan oleh tim penguji yang berasal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), IAIN Curup, Kemenag, PC NU, dan tokoh masyarakat.

Peserta program umrah gratis itu diprakirakan berangkat pada Desember mendatang setelah penjaringan calon anggota jamaah umrah yang berhak mengikuti selesai, dilanjutkan antara lain vaksinasi meningitis, pengurusan paspor, dan manasik.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023