Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memprogramkan 148 desa di daerah ini sudah memiliki akses internet gratis pada 2026, untuk mewujudkan desa digital.

Kepala Bidang Aplikasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Yunaldi Asri, di Mukomuko, Minggu, mengatakan instansinya memprogram 148 desa memiliki akses internet pada 2026 sesuai dengan rencana kerja (renstra) instansi ini dan program prioritas kepala daerah. 

"Di renstra tahun 2023, kami sudah melebihi target sebanyak 66 desa dari seharusnya 60 desa, lalu tahun 2024 sebanyak 80 desa, tahun 2025 sebanyak 118 desa, dan 2026 sebanyak 148 desa," ujarnya.
 
Ia menjelaskan bahwa program internet gratis untuk semua desa di daerah ini merupakan prioritas kepala daerah yang dituangkan dalam renstra dinas ini yang dimulai 2022.
 
Kemudian, katanya pula, instansinya menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membangun jaringan komunikasi melalui internet dengan semua desa di daerah ini.
 
Dia menjelaskan, instansinya menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membangun jaringan dan akses internet di desa yang tersebar di daerah ini.
 
"Kami kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk pemasangan peralatan internet di desa yang mendapatkan program internet gratis dengan persyaratan desa dilewati oleh kabel optik perusahaan tersebut," ujarnya.
 
Selanjutnya, kata dia lagi, pemerintah daerah setempat sejak tahun 2022 membayar biaya langganan internet yang dipasang di desa kepada PT Telkom Indonesia di desa di daerah ini.
 
Ia mengatakan mayoritas pembangunan dan pemasangan jaringan internet tersebut di kantor desa dan peralatan dipasang di fasilitas umum desa.
 
Selanjutnya, ia menyarankan pemerintah desa yang telah menerima akses internet gratis supaya menggunakan sebagian dana desa untuk membuat fasilitas, seperti pondok bagi masyarakat yang ingin mengakses internet di kantor desa.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023