Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu menggelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi 3.383 peserta sepanjang 2023.
 
"KKLP (kelompok kepakaran dan layanan profesional) UKBI Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu pada 2023 berhasil melakukan pengujian kepada 3.383 peuji pada Januari-November 2023 dari target awalnya 721 peuji," kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Dwi Laily Sukmawati di Bengkulu, Jumat.
 
Menurut dia uji kemahiran tersebut begitu penting untuk penerapan Bahasa Indonesia yang baik, benar dan tepat sesuai kaidah-kaidahnya dalam hal-hal formal, maupun nonformal serta untuk penyusunan berbagai dokumen resmi.
 
"Kemahiran berbahasa Indonesia yang baik juga diperlukan dalam lingkungan lembaga dan instansi, ke depan kami juga terus melakukan UKBI," kata dia lagi.
 
Selain UKBI, Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu juga menggelar berbagai program untuk meningkatkan kemahiran masyarakat Bengkulu dalam berbahasa Indonesia, seperti kegiatan pembinaan 45 lembaga dalam pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan dalam dokumen lembaga, peningkatan kemahiran berbahasa Indonesia.
 
Kemudian, festival digital musikalisasi puisi bagi siswa SMA, SMK dan MA se-Provinsi Bengkulu, pemilihan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu 2023.
 
Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu juga berhasil menciptakan 400 generasi muda terbina literasi melalui berbagai kegiatan, seperti bengkel penulisan esai bagi generasi muda di Kota Bengkulu.
 
Berikutnya, bimbingan teknis cerdas mengulas buku bagi guru dan siswa SD di Kota Bengkulu, bimbingan teknis cerdas berliterasi digital bagi siswa SMA, SMK dan MA di Kota Bengkulu.
 
"Juga tiga kegiatan Krida Duta Bahasa tentang Niaga Bahasa, penulisan cerpen berbahasa daerah, dan sosialisasi BIPA, serta konten kebahasaan dan kesastraan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023