Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera membagikan bantuan berupa sepeda motor roda tiga dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada dua penyandang disabilitas yang memiliki usaha tetapi kesulitan menjalankan aktivitas karena keterbatasan fisik.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mukomuko Fitriani Ilyas di Mukomuko, Selasa, mengatakan bantuan dua sepeda motor roda tiga dari Kemensos sudah tiba di Bengkulu sejak beberapa hari yang lalu dan selanjutnya penyerahan bantuan tersebut.
 
"Hari Rabu (27/12) ada acara di Dinsos Mukomuko yakni serah terima bantuan dua sepeda motor roda tiga dari bupati kepada penyandang disabilitas di daerah ini," ujarnya.
 
Setelah bupati menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis, kata dia, sepeda motor roda tiga tersebut langsung bisa dibawa pulang oleh penyandang disabilitas.
 
Terkait bantuan yang sama untuk penyandang disabilitas tahun 2024, menurut dia, tergantung kesiapan daerah dan dikoordinasikan pihak Sentra Darma Guna Bengkulu.
 
"Kami siapkan kalau ada yang membutuhkan, karena syarat untuk mendapatkan bantuan itu adalah disabilitas yang punya usaha," ujarnya.
 
Ia menyebutkan jumlah penyandang disabilitas di daerah ini mencapai 305 orang, namun mereka tidak punya usaha.
 
Sebelumnya, kata dia, Dinsos mencari dua orang penyandang disabilitas yang memenuhi syarat, seperti memiliki usaha sendiri sebagai calon penerima bantuan sepeda motor roda tiga tahun 2023.
 
Sedangkan terhadap penyandang disabilitas yang tidak punya usaha, lanjutnya, hanya diberikan bantuan berupa alat bantu agar mereka bisa melakukan berbagai aktivitas setiap hari.
 
Fitriani meminta bantuan dari camat dan kepala desa untuk mendata siapa saja penyandang disabilitas di wilayah mereka yang membutuhkan bantuan sepeda motor roda tiga. Pihaknya juga menugaskan pekerja sosial di wilayah itu untuk mendata penyandang disabilitas yang butuh alat bantu maupun sepeda motor roda tiga.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023