Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menerbitkan 70 surat rekomendasi permohonan pembelian bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan guna memudahkan mereka melaut untuk menangkap ikan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Selasa, mengatakan, pihaknya mengeluarkan surat rekomendasi pembelian BBM jenis tertentu untuk bio solar dan jenis BBM khusus penugasan untuk pertalite bagi nelayan tangkap di Kecamatan Ipuh. 

"Untuk tahun 2024, baru sebanyak 70 surat rekomendasi permohonan pembelian BBM yang diterbitkan untuk nelayan di Kecamatan Ipuh," ujarnya.
 
Sedangkan kebutuhan BBM untuk nelayan di wilayah lain seperti Kecamatan Teramang Jaya dan Kecamatan Kota Mukomuko, katanya, pihaknya pernah menerbitkan surat rekomendasi pembelian BBM tahun 2024.
 
Menurutnya, kemungkinan surat rekomendasi pembelian BBM bagi nelayan di kecamatan lain seperti Kecamatan Kota Mukomuko masih berlaku sampai bulan Februari tahun ini.
 
Ia menjelaskan surat rekomendasi permohonan pembelian BBM yang diterbitkan untuk usaha perikanan tangkap tahun ini masa berlakunya selama maksimal tiga bulan.
 
Ia menjelaskan, instansinya menerbitkan surat rekomendasi pembelian BBM untuk nelayan masanya tiga bulan untuk meringankan beban nelayan terlalu sering mengurusnya.
 
Sedangkan konsumsi BBM untuk satu surat rekomendasi, sebutnya, sebanyak 360 liter BBM per minggu atau 1.584 liter per bulan.
 
Sementara itu, ia mengatakan, instansinya pada tahun 2023 menerbitkan surat rekomendasi permohonan pembelian BBM bagi nelayan di daerah ini sebanyak 1.129 liter.
 
Dari sebanyak 1.129 liter tersebut, katanya, BBM jenis solar sebanyak 35 liter untuk ukuran kapal 5 GT dan BBM jenis pertalite untuk ukuran kapal 15 PK sebanyak 35 liter, kapal 25 PK sebanyak 50 liter, dan kapal 40 PK sebanyak 66 liter.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024