Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebutkan dana yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk pembangunan jalan di Bengkulu menggunakan skema Instruksi Presiden (inpres) atau dana Inpres di 2024 ini berjumlah sebesar Rp400 miliar lebih.
 
"Untuk 2024 anggaran dana Inpres bagi Provinsi Bengkulu sebesar Rp400 miliar lebih," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Senin.
 
Dana tersebut lanjut dia diperuntukkan bagi perbaikan jalan lintas yang masih rusak di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara dan juga perbaikan jalan lintas di beberapa kabupaten lain di Bengkulu.
 
"Mudah-mudahan awal Maret atau April 2024 ini segera lelang kembali untuk beberapa ruas jalan lagi yang mengalami kerusakan. Hal ini bisa terjadi karena adanya usulan dari masyarakat, pemerintah daerah hanya sebagai penyambung informasi kepada Pemerintah Pusat sesuai dengan kewenangannya," kata Gubernur Rohidin.
 
Dia menyampaikan pembangunan jalan lewat skema dana Inpres untuk Provinsi Bengkulu bukan hanya pada 2024 ini saja. Pada 2023 lalu, Pemerintah Pusat kata Rohidin juga telah mengucurkan dengan total anggaran Rp600 miliar untuk pembangunan jalan di tujuh kabupaten di provinsi kelahiran ibu negara pertama Fatmawati Soekarno itu.
 
Dan untuk 2024 ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama pemerintah kabupaten kota telah mengusulkan sekitar 15 ruas jalan yang diharapkan bisa diperbaiki melalui skema dana Inpres.
 
Dengan upaya tersebut, kondisi jalan layak di Provinsi Bengkulu pada 2024 dapat meningkat signifikan. Semakin baik akses jalan, distribusi barang maupun komoditas hasil pertanian masyarakat menjadi lebih lancar.
 
Begitu pula dengan penyediaan kebutuhan masyarakat juga akan lebih terjangkau karena biaya distribusinya semakin efisien. Hal-hal tersebut tentunya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu ke depannya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024