Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyiapkan 85 tenaga kesehatan (nakes) untuk memeriksa kesehatan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS).

Kepala Dinkes Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Selasa, mengatakan 85 nakes ini akan memeriksa kesehatan 4.095 petugas KPPS dan 585 PTPS pada 14 Februari 2024. 

"Kita sudah diminta untuk membantu memeriksa kesehatan penyelenggaraan pemilu, baik KPPS maupun pengawas TPS saat pemungutan suara di lokasi TPS," ujarnya.
 
Instansinya selain menugaskan nakes untuk memeriksa kesehatan KPPS dan PTPS, juga menyediakan ambulans yang berkeliling ke seluruh TPS di daerah ini untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.
 
"Ada beberapa unit mobil pelayanan dan ambulans milik puskesmas yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini yang 'mobile' dan keliling kecamatan dan desa untuk memantau kondisi kesehatan para penyelenggara pemilu," ujarnya.
 
Ia mengatakan nakes memantau kesehatan penyelenggara pemilu agar mereka dalam kondisi sehat saat menjalankan tugas untuk menyukseskan Pemilu 2024 di daerah ini.
 
Ia mengatakan mereka melakukan pemantauan kesehatan penyelenggara pemilu menjelang hingga selesai pemungutan suara di 585 TPS daerah ini.

Pihaknya mengaku belajar dari pengalaman Pemilu 2019, di mana ada sejumlah penyelenggara pemilu di TPS di daerah ini yang sakit dan pingsan saat menjalankan tugas.
 
Oleh karena itu, instansinya berusaha mengantisipasi adanya gangguan kesehatan para penyelenggara pemilu saat bertugas.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024