Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu tetap membuka pelayanan selama libur nasional tepatnya dari 8 hingga 11 dan 14 Februari 2024, dengan jam operasional yaitu 08.00 hingga 14.00 WIB.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo di Bengkulu Kamis mengatakan, dibukanya pelayanan tersebut sesuai dengan Surat Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 400.8.1.2/615/Dukcapil tentang Layanan Dukcapil pada hari libur dan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Untuk itu, kami beritahukan kepada seluruh masyarakat. Dinas Dukcapil tetap membuka pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-e dan dokumen kependudukan lainnya di hari libur dari tanggal 8, 9, 10, dan 11 Februari 2024 dari jam 08.00 sampai dengan 14.00 WIB," katanya.
 
Pelayanan untuk masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukannya pada hari libur tersebut seperti perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, dan cetak KTP-e ,serta aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).
 
Karena itu, Widodo berharap agar masyarakat menggunakan waktu liburnya untuk mengurus dokumen kependudukan terutama untuk kepentingan pemilu mendatang.
 
Hal tersebut dilakukan agar tidak ada penduduk Kota Bengkulu yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya dikarenakan tidak memiliki KTP elektronik.
 
Selain itu, katanya, pihaknya telah menyiagakan petugas pelayanan administrasi kependudukan di kantor selama libur panjang sebagai bentuk wujud dari pelayanan maksimal yang dapat diberikan kepada masyarakat.
 
Sebelumnya, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu menerima tiga ribu keping blangko KTP elektronik dari pemerintah pusat.
 
Dengan adanya penambahan blangko tersebut, pihaknya terus melakukan perekaman terhadap pemilih pemula yang ada di wilayah tersebut, dan memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang dibutuhkan masyarakat.
 
"Dengan tambahan blangko ini tentu bisa mencukupi pencetakan KTP elektronik yang sekarang ini terus kita kebut, terkhusus bagi pemilih pemula atau yang berusia 17 tahun di Kota Bengkulu," kata Widodo.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024