Rejanglebong (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mendukung sepenuhnya usaha pengembangan sektor pariwisata di daerah itu.

Menurut keterangan Wakil Ketua I DPRD Rejanglebong Surya, saat mengikuti sosialisasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rejanglebong, bertempat di salah satu hotel di Kota Curup, Rabu, pihaknya akan mendukung sepenuhnya pengembangan potensi wisata daerah guna menyejahterakan masyarakat di daerah itu.

"Potensi pariwisata yang kita miliki ini harus disikapi dengan baik sehingga bisa dikembangkan guna mendukung tumbuhnya ekonomi kreatif masyarakat, kemudian meningkatkan PAD serta meningkatnya perekonomian masyarakat dengan bergeraknya berbagai usaha pendukung yang ditekuni warga yang bermukim di sekitar lokasi wisata," katanya.

Untuk menyukseskan program pembangunan sektor pariwisata di daerah itu pihaknya mengajak stakeholder terkait duduk satu meja sehingga bisa mengelola berbagai potensi yang dimiliki daerah itu.

Sementara itu untuk pengembangan kawasan wisata baru kata dia, pihaknya akan memperjuangkan pembukaan dan pembangunan sarana dan prasarana wisata di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Dataran berupa pembukaan akses jalan utama.

Di lokasi wisata baru ini kata dia, terdapat air terjun yang airnya terdiri panas dan dingin. Jika objek wisata ini dikembangkan dengan baik, dirinya berkeyakinan ini akan menjadi salah satu objek wisata andalan, karena tidak semua daerah memiliki objek wisata semacam ini.

Sedangkan menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rejanglebong, Karneli didampingi panitia pelaksana kegiatan sosialisasi Pokdarwis, Mishareni kegiatan yang mereka laksanakan itu diikuti 100 orang yang berasal dari beberapa Pokdarwis diantaranya dari Kecamatan Curup Utara, Selupu  Rejang, Sindang Dataran dan Curup Timur.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengertian kepada Pokdarwis di Rejanglebong dengan tujuan meningkatkan komunikasi, interaksi dan kolaborasi antar Pokdarwis yang dibangun dalam rangka pengembangan kapasitas, peran dan kontribusi mereka dalam pengembangan kepariwisataan setempat," katanya.

Pada kegiatan sosialisasi Pokdarwis ini kata dia, selain menampilkan pembicara deputi bidang pengembangan destinasi dan industri pariwisata Kementerian Pariwisata, kemudian dari Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dan pembicara dari Disparbud Rejanglebong.***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015