Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan langkah pergeseran surat suara pemilu dari sejumlah TPS yang kelebihan ke TPS yang kekurangan surat suara Pemilu 2024 dalam wilayah tersebut. 
 
Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Mukomuko Misbahul Amri di Mukomuko, Rabu, mengatakan pergeseran surat suara pemilu dilakukan agar warga yang masuk dalam daftar pemilih (DPT) tetap bisa menggunakan hak pilihnya. 
 
"Contoh tadi di Kecamatan XIV Koto surat suara untuk DPT kurang 100 lembar, sedangkan di Kecamatan Air Manjuto ada lebih 100, yang di Air Manjuto diantar ke sana," ujarnya. 
 
Ia mengatakan, masih ada beberapa TPS dalam wilayah ini yang kelebihan dan kekurangan surat suara, dan itu wajar karena kerja orang banyak. Jika kekurangannya sedikit maka dianggap cukup. Sebaliknya jika besar sampai 100 pasti tidak cukup di TPS setempat. 
 
"Yang baru laporan di Kecamatan XIV Koto dan ada lagi yang baru masuk dari Kecamatan Pondok Suguh, tetapi kekurangan surat suara di TPS wilayah itu tidak banyak, di sana ada kekurangan surat suara calon presiden dan wakil presiden 10 lembar," ujarnya.
 
Ia menyatakan, kalau di TPS itu kekurangan surat suara sebanyak 1 hingga 10 lembar, pihaknya tidak terlalu pusing. 
 
Komisioner Bawaslu Kabupaten Mukomuko Rustam Efendi mengatakan pihaknya menerima laporan terkait masalah ada yang kurang surat suara di sejumlah TPS di daerah ini. 
 
Ia menyebutkan, di TPS itu ada yang kekurangan 10, ada yang kekurangan 100, dan ada lagi TPS yang kekurangan sebanyak 10,100, dan 100 lebih surat suara. 
 
"Aneh saja dan carut marut sekali. dari sekian banyak TPS yang kekurangan surat suara dua hingga 100, hampir mencapai 2.000," ujarnya. 
 
Ia menyebutkan, ada TPS yang kekurangan surat suara calon presiden dan wakil presiden sebanyak 90 lembar, sementara ada juga TPS Desa Lubuk Cabai lebih 100 lembar.
 
Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya saat ini masih merekap data surat suara yang berlebih dan kurang di TPS yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024