Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di wilayah itu berlangsung lancar tanpa gangguan.

"Alhamdulillah sampai dengan Kamis dini hari jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara di Rejang Lebong berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tidak ada kekurangan logistik dan kita juga tidak mendengar adanya ketidakpuasan masyarakat pada pemungutan suara di TPS," kata Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara di Kabupaten Rejang Lebong dilangsungkan pada 816 TPS tersebar di 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan, di mana pada pelaksanaannya mulai dari Rabu pagi hingga Kamis dini hari.

Pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah itu, kata dia, semua logistik seperti surat suara dan peralatan pendukung TPS lainnya semuanya sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari, sehingga tidak ada kekurangan surat suara dan semuanya terpenuhi.

"Semua peralatan seperti printer sudah siap dan teman-teman KPPS bisa menjalankan tugasnya seperti bimtek yang sudah diikuti mereka sebelumnya, sehingga proses penghitungan suara di TPS mulai, ada yang memulainya jam 13.30 WIB setelah istirahat sebentar dan kesepakatan dengan saksi-saksi," terangnya.

Sementara itu untuk penginputan hasil rekapitulasi perolehan suara baik untuk Pilpres, dan pemilihan anggota legislatif ke aplikasi sistem rekapitulasi pemilu (Sirekap), tambah dia, juga tidak ada masalah kendati diakses secara serentak se Tanah Air.

Sejauh ini jumlah perolehan suara yang sudah terinput ke Sirekap hasil perolehan suara Pilpres sampai Kamis pagi (15/2) sudah di kisaran 40,20 persen dengan jumlah suara masuk 41.553 yang berasal dari 328 TPS dari 816 TPS di Rejang Lebong.

Hasil perolehan suara sementara ini untuk pasangan Anis-Muhaimin sebanyak 7.367 (17.73 persen), kemudian pasangan Prabowo-Gibran sebanyak 29.694 (71,46 persen) dan pasangan Ganjar-Mahfud sebanyak 4.492 (10,81 persen).

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat melakukan pemantauan proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di sejumlah TPS di daerah itu bersama dengan Forkopimda menyatakan masyarakat Rejang Lebong cukup antusias dalam menggunakan hak suaranya, hal ini tidak lepas dari sosialisasi yang sudah dilaksanakan KPU maupun pemkab setempat sebelumnya.

Dia berharap, pada pemilu ini akan menghasilkan pemimpin bangsa yang dikehendaki masyarakat banyak, dan begitu juga dengan para calon anggota legislatifnya. Masyarakat memilih sesuai dengan pilihannya masing-masing.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024