Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah membahas kerja sama dengan PT Pos Indonesia setempat untuk jasa pengantaran administrasi kependudukan (adminduk) di daerah itu.

Asisten I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra Sekretariat Daerah Rejang Lebong Pranoto Majid di Curup, Senin, mengatakan pihaknya telah melakukan rapat awal pada 1 Maret 2024 membahas draf perjanjian kerja sama pemanfaatan jasa pengiriman adminduk dengan PT Pos Indonesia Cabang Curup.

"Kita menyambut baik rencana kerja sama yang akan dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong dengan PT Pos Indonesia Kantor Cabang Curup untuk jasa pengiriman surat dokumen catatan sipil," kata dia.

Dalam penyusunan draf kerja sama ini, kata dia, pihaknya bersama PT Pos Indonesia membahas secara detil seperti tentang hak dan kewajiban antara Dukcapil Rejang Lebong selaku pihak pertama dan PT Pos Indonesia Cabang Curup selaku pihak kedua.

"Hak pihak pertama di antaranya mengirimkan kiriman surat atau dokumen kependudukan dan pencatatan sipil melalui layanan yang disediakan oleh pihak kedua," terangnya.

Selain itu pihak kedua juga harus memberikan informasi kepada pihak pertama mengenai keberadaan kiriman adminduk yang telah dikirimkan serta mendapat jaminan pelayanan sesuai dengan yang telah disepakati.

Kemudian kewajiban pihak pertama ialah menyiapkan dan melengkapi daftar pengantar kiriman surat kependudukan dan dokumen pencatatan sipil yang hendak dikirimkan.

Sedangkan draf lainnya, pihak kedua berhak menolak kiriman surat atau dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang akan dikirimkan yang diketahui atau patut diduga berisi barang-barang yang dilarang pengirimannya melalui PT Pos dan menerima pembayaran atau pelunasan biaya pengiriman sebagai imbal jasa pengiriman kiriman surat milik pihak pertama, dan lainnya.

"Kerja sama ini untuk mengoptimalkan pelayanan catatan sipil bagi masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat melalui jasa PT Pos Indonesia Kantor Cabang Curup," demikian Pranoto.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024