Buka bersama (bukber) menjadi momentum yang ditunggu-tunggu sejumlah warga Bengkulu sebagai agenda rutin yang diadakan selama bulan suci Ramadhan.

Tak jarang orang memanfaatkan kesempatan berbuka puasa bersama tersebut sebagai wadah untuk bersilaturahim mempererat hubungan antaranggota keluarga serta teman-teman terdekat. Dengan suasana yang penuh kehangatan dan kebersamaan,bukber juga menjadi waktu yang tepat untuk saling berbagi cerita, tawa, dan hal lainnya.

Kota Bengkulu juga tidak ketinggalan untuk menyambut euforia warga Bumi Rafflesia dengan menyajikan sejumlah kafe dan restoran yang bisa dicoba untuk mengadakan bukber.

Berikut ini beberapa rekomendasi cafe dan resto di Bengkulu yang cocok dijadikan sebagai tempat bukber:

Baca juga: Pemerintah tetapkan awal Ramadhan jatuh pada Selasa 12 Maret 2024
Baca juga: Tradisi manjalang mintuo sambut Ramadhan di Dharmasraya

1. TATA Bakery Bengkulu

Bakery & Eatery ini menawarkan berbagai macam menu paket buka puasa yang dapat dilihat di laman Instagram @Tatabakerybengkulu. Tak hanya itu, kafe ini menyediakan aneka makanan penutup/ desert dari yang manis hingga yang asin, seperti Red Velvet Chesee cake dan Bapao berbagai rasa.

Terletak di Jalan H Adam Malik, Pagar Dewa, Bengkulu, kawasan ini mudah untuk dijangkau. Lokasi yang juga memiliki empat cabang toko bakery di Kota Bengkulu ini menjadi salah satu lokasi pilihan bukber.
Tata Bakery Bengkulu (Tata Bakery Bengkulu)


Desain resto yang tidak berlebihan namun tetap memberikan kenyamanan dan ketenangan sehingga cocok untuk berbincang santai bersama rekan-rekan  untuk ngabuburit atau menunggu waktu adzan magrib.

2. Kabayan 91

Rumah makan Kabayan 91 menghadirkan hidangan Nusantara dengan cita rasa yang legend nan enak sejak tahun 1991 pastinya dengan harga yang terjangkau. Bertempat di Jalan Jendral Sudirman No 128, Tengah Padang, Bengkulu, restoran gaya Sunda ini diluncurkan kembali pada 9 September 2024 dengan konsep yang lebih modern.
 
Kabayan 91 (Kabayan 91)

Restoran dengan nuansa asri memberikan kesan seperti sedang berada di perdesaan dengan dekorasi yang terinspirasi dari alam, menjadikan tempat yang ideal untuk buka bersama keluarga dan teman-teman.

Baca juga: Harga sayuran di Kota Bengkulu alami kenaikan jelang Ramadhan
Baca juga: Dinkes Bengkulu imbau warga hindari makanan dingin selama Ramadhan

3. Kraving dan Rempah Amah

Untuk bukber yang santai tapi modern, Kraving bisa menjadi salah satu pilihan.

Dalam suasana yang penuh kehangatan dan kebersamaan, Kraving menyediakan hidangan lezat dari berbagai macam masakan khas Ramadhan dengan konsep "Kraving Iftar Package All You Can Eat" dengan menu yang berubah setiap harinya. Istilah "all you can eat" artinya pengunjung dapat makan sepuasnya dengan membayar paket makan berbuka.

Di Kraving, berbagai olahan makanan roti, Croissant, kopi, dan es krim juga tersedia dengan harga yang cukup ramah di kantong, mulai dari belasan ribu rupiah saja. Berlokasi di Jl P Natadirja, Kota Bengkulu, tak bisa dipungkiri, banyak orang yang memilih cafe ini untuk berburu spot foto.

Baca juga: Tradisi bulan Ramadhan yang dinanti di Malaysia
Baca juga: Tiga kiat agar Ramadhan tetap bugar dan seru
 
Kraving dan Rempah Amah (Kraving dan Rempah Amah)


Kraving membuat konsep dengan setiao setiap sudutnya yang Instagramable atau estetik untuk diposting di media sosial pribadi masing-masing.

4. Lay's Cafe & Resto

Warga Bengkulu yang suka makan sambil menunggu matahari terbenam (sunset) boleh mencoba bukber di Lay's Cafe.

Selain banyak pilihan menu dan harga yang sangat terjangkau, view sunset juga menjadi daya tarik di tempat ini bagi para pengunjung yang ingin menikmati momen indah matahari terbenam sambil menikmati hidangan buka puasa.

 
Tata Bakery (Kabayan 91)



Kafe dan resto yang berada di Anggut, Kota Bengkulu, ini memiliki interior yang "cozy" juga menyediakan koneksi internet wifi gratis yang memudahkan pelanggannya untuk mengakses internet. Pengunjung bisa menunggu bedug Maghrib sembari online atau bermain game daring bersama teman atau keluarga.

Baca juga: Mengenal sejumlah tradisi bulan Ramadhan di Papua
Baca juga: Gubernur Bengkulu larang pejabat buka puasa bersama dan bermewah-mewahan

5. LS Cafe & Resto

Menarik tentunya bagi kaum Gen Z yang memiliki hobi berfoto untuk bukber di LS Cafe and Resto ini. Tempat ini menjadi destinasi terbaik untuk mengadakan buka bersama teman-teman.

Kafe yang baru saja upgrade dengan outlet yang lebih keren, kece ini bisa menjadi pilihan untuk "ngafe" sembari berfoto Instagramable dengan pemandangan terbaik di bagian rooftop.
 
LS Cafe & Resto (LS Cafe & Resto)


Lokasi tempat bukber ini terletak di Jalan Kalimantan, Merpati 21, Rawa Makmur, Bengkulu. LS memiliki banyak varian menu dan dapat dicoba seperti steamboat dan barbeque. 

Selama Ramadhan, kafe ini menyediakan paketan menu untuk berbuka puasa dengan harga terjangkau dan rasa yang enak.

Itulah sejumlah rekomendasi tempat bukber seru di Bengkulu yang dapat Sobat ANTARA jadikan referensi di bulan suci Ramadhan dengan meriah bersama orang terdekat di Kota Bengkulu.

Baca juga: Menag: Larangan "bukber" tak cerminkan pemerintah anti-Islam
Baca juga: Kemenag Bengkulu keluarkan SE larangan berbuka puasa bersama

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024