Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan membagikan sebanyak 5.000 takjil gratis selama 10 hari Ramadhan 1445 Hijriah di halaman Berendo, Masjid Agung At-Taqwa.
 
Pembagian takjil gratis tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka memeriahkan Berendo Ramadhan di Kota Bengkulu.
 
"Pemberian takjil gratis dilakukan selama 10 hari ke depan. Dalam satu hari ada 500 takjil dibagikan," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Bengkulu Nurlia Dewi, di Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan, pada 16 Maret 2024, pihaknya juga menggelar lomba mewarnai di Berendo. Hal tersebut dilakukan sebagai strategi mengajak masyarakat hadir pada program Berendo Ramadhan sekaligus mengasah keterampilan anak-anak di Kota Bengkulu, mulai dari meningkatkan motorik hingga kreativitasnya.
 
Selain itu, Pemkot Bengkulu akan menyediakan live music sebagai strategi memikat pengunjung untuk mendatangi kegiatan Berendo Ramadhan yang dilaksanakan pada 12 Maret hingga 26 Maret 2024.
 
"Kita berharap Kota Bengkulu semakin lama ekonominya semakin tumbuh dan UMKM-nya berkembang. Aset dan omzetnya juga terus meningkat, tentu kualitasnya juga semakin lama semakin baik serta memiliki daya saing dengan pelaku usaha yang lain. Selain itu, ke depan bisa memiliki daya saing juga untuk bisa eksis tak hanya di Kota Bengkulu tetapi juga di daerah lain," ujarnya.

Pemkot Bengkulu melibatkan puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut untuk berpartisipasi pada program pasar Berendo Ramadhan yang berlokasi di halaman Mesjid At-Taqwa.
 
Ia menjelaskan program Berendo Ramadhan merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI bahwa setiap daerah wajib atau lebih menekankan dan menciptakan pasar-pasar untuk membangkitkan UMKM.
 
Berendo Ramadhan menjadi langkah awal pemerintah dalam menciptakan pasar baru untuk membangkitkan UMKM di Kota Bengkulu.

"Pelaku usaha yang berjualan di Berendo Ramadhan tidak dipungut biaya, namun ada biaya kebersihan dan keamanan sebesar Rp5 ribu," ujarnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024