Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Ketahanan Pangan menyiapkan sebanyak 10 ton beras premium untuk operasi pasar (OP) murah di lima kecamatan daerah ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko Elxandi Utria Dharma, di Mukomuko, Jumat, mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 10 beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang didatangkan dari Bulog.
 
"Di daerah kami ini ada lima mitra Bulog yang memasarkan beras SPHP. Beras dari mitra Bulog yang kami pasarkan saat operasi pasar," katanya  pula.
 
Ia mengatakan, dari sebanyak 10 ton beras SPHP dari mitra Bulog tersebut, sebanyak dua ton di antaranya dijual pada saat operasi pasar murah di Kecamatan Lubuk Pinang, Kamis (14/3).
 
Dia menambahkan, masih ada sebanyak delapan ton beras SPHP untuk operasi pasar murah di empat kecamatan daerah ini.
 
Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Hutri Wahyudi menyebutkan operasi pasar selain dilakukan oleh instansinya, juga oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko yang menjual beras murah.
 
"Kalau Dinas kami menggelar operasi pasar dengan bahan kebutuhan pokok dan bahan penting murah untuk masyarakat," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, ada lima lokasi yang menjadi sasaran kegiatan operasi pasar ini, yakni di Kantor Camat Lubuk Pinang pada 14 Maret 2024. Lokasi kantor camat itu berada tidak jauh dari pasar tradisional di wilayah tersebut.
 
Kemudian, katanya lagi, operasi pasar di pasar tradisional Desa Pulai Payung, Kecamatan Ipuh pada 17 Maret 2024, lalu di Desa Karya Mulya, Kecamatan Pondok Suguh.
 
Selanjutnya, operasi pasar di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Penarik, pada 30 Maret di pasar tradisional di wilayah itu, dan terakhir operasi pasar di Kecamatan Kota Mukomuko.
 
Ia menyebutkan, sejumlah bahan kebutuhan pokok yang dijual pada operasi pasar murah meliputi beras, minyak goreng, tepung terigu, gula, dan telur
 
"Beras kami minta sebanyak dua ton untuk operasi pasar di setiap kecamatan, kemudian barang pokok lainnya masing-masing 500 kilogram," ujarnya pula.

Dia mengatakan pula, pembeli bahan pokok dalam operasi pasar murah ini adalah masyarakat secara umumnya karena tujuan kegiatan ini untuk stabilisasi harga.
 
Pihaknya melakukan operasi pasar murah ini untuk melakukan intervensi harga pasar yang meningkat sejak beberapa bulan terakhir di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024