Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Disperindagkop UKM setempat akan menyampaikan usulan ke Dinas ESDM provinsi, untuk menambah pasokan tabung elpiji isi 3 kilogram menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Kami akan mengirim surat ke provinsi, minta tambahan pasokan tabung elpiji 3 kg. Untuk jumlahnya belum pasti, tetapi melihat keadaan, kalau banyak masuk, tidak perlu tambahan," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Mukomuko Hutri Wahyudi, di Mukomuko, Kamis.
 
Pemerintah daerah melalui Disperindagkop UKM setempat tahun 2022 tidak mengusulkan penambahan pasokan elpiji 3 kg, karena menjelang Lebaran tahun itu pasokan elpiji 3 kg mencukupi untuk masyarakat.
 
Kemudian instansinya pada tahun 2023, atau menjelang Hari Raya Idul Fitri mengusulkan penambahan pasokan tabung elpiji 3 kg, tanpa menyebutkan jumlahnya.
 
Ia mengatakan, dalam surat instansinya tahun 2024 ini cuma mengajukan permintaan penambahan pasokan tabung elpiji untuk kebutuhan bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kemudian, ia menambahkan, penambahan pasokan tabung elpiji 3 kg menjelang Lebaran tahun ini untuk selain konsumsi masyarakat dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
Dia menambahkan, daerah ini telah menerima kuota elpiji subsidi tahun 2024 sebanyak 4.624 metrik ton (MT), jumlah kuota elpiji bersubsidi ini masih sama dengan tahun sebelumnya.
 
Menurutnya, sebenarnya ketersediaan kuota ini mencukupi bahkan berlebih asalkan distribusi elpiji subsidi dapat diarahkan secara tepat kepada penerima manfaat yang sesuai, yaitu keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial.
 
Masyarakat yang menjadi sasaran yang terdaftar sebagai KPM bantuan sosial, dan bukan keluarga mampu atau aparatur sipil negara (ASN), yang berhak menerima elpiji subsidi ini.
 
Selain itu, dengan adanya 250 pangkalan elpiji yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Mukomuko, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan akses ke elpiji subsidi.
 
Untuk memastikan distribusi elpiji subsidi berjalan sesuai dengan ketentuan, Disperindagkop UKM Mukomuko melakukan monitoring atau pengawasan secara rutin setiap tiga bulan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024