Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025.
 
"Kalau bicara pembangunan, tidak hanya fisik semata, orientasinya itu SDM sudah bagus dan mumpuni," kata Bupati Mukomuko Sapuan dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu, usai membuka acara Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan Forum Konsultasi Publik RKPD 2025.
 
Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan orang peserta yang terdiri dari  Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan di daerah ini.
 
"Kalau kita lihat di negara lain seperti di Jepang, kalau SDM bagus semua bisa diperbuat. Kalau SDM kurang bagus dan mumpuni, ada uang pun apa yang mau diperbuat," katanya. 

Baca juga: Bupati Mukomuko sumbangkan gaji untuk warga miskin

Baca juga: Bupati apresiasi kegiatan berbagi sembako gratis DLH Mukomuko
 
Ia mengatakan arah pembangunan dari pemerintah pusat penting untuk diterjemahkan oleh pemda dalam melakukan pembangunan di daerah, terutama RPJPD untuk 20 tahun ke depan.
 
"Sehingga isinya nanti capaian-capaian yang akan menjadi bahan evaluasi di pusat, di dalam proses, dan berapa serius kah kita patuh pada regulasi tertinggi sesuai dengan tugas dan kewenangan kita pemerintah daerah, itu poin penting," ujarnya.
 
Ia menambahkan arah RPJPD yang dibuat harus disesuaikan dengan tugas dan kewenangan pemerintah sesuai Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
 
"Ini yang harus kita jabarkan, kalau yang lain penyelarasan, tapi paling tidak tugas utama kita terprogram dengan baik, contoh pelayanan dasar, minimal standar pelayanan minimal  harus terbentuk dan betul-betul terprogram dengan baik," ujarnya.
 
Ia mengatakan program pembangunan yang selama ini kurang mulai dilengkapi dan melalui Musrembang RPJPD sudah mulai. (Adv)
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024