Kepolisian Resort Kota (Polresta) Bengkulu membentuk tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di wilayah tersebut selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Deddy Nata di Kota Bengkulu, Rabu, menyebutkan, dibentuknya tim tersebut guna mengantisipasi terjadinya pungli di wilayah Kota Bengkulu selama libur panjang.
 
"Untuk pungli, Tim Saber Pungli Kota Bengkulu sudah melaksanakan rangkaian kegiatan guna melakukan penanganan pungli," ujar dia.
 
Tim saber pungli tersebut akan disiagakan di sejumlah tempat wisata yang ada di Kota Bengkulu yang rentan terjadinya pungutan liar dan pihaknya telah melakukan pemetaan lokasi terjadinya pungli.
 
Deddy menerangkan, untuk lokasi yang sering atau tentang terjadinya pungli seperti di objek wisata Pantai Panjang, Pantai Zakat, Pantai Berkas, Pantai Pasir Putih, dan tempat wisata lainnya.
 
"Biasanya pungutan liar tersebut berkedok lahan parkir. Kalau resmi tidak apa-apa, namun jika tidak resmi akan kita tindak," kata dia.
 
Dirinya menegaskan, jika ditemukan ada oknum yang melakukan tindakan pungutan liar di di sejumlah objek wisata di Kota Bengkulu maka tim saber pungli akan melakukan tindakan tegas karena telah melanggar aturan yang berlaku.
 
Oleh karena itu, Deddy mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya pengunjung objek wisata yang ada di Kota Bengkulu untuk melaporkan ke pihak kepolisian jika ditemukan indikasi pungutan liar.
 
"Bisa melapor ke Petugas Piket di Polresta Bengkulu, atau menyampaikan ke Posyan maupun Pospam yang sudah kita sediakan," terang dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024